Usai Indonesia dikalahkan Malaysia, Simon McMenemy singgung jadwal liga

id indonesia vs malaysia, timnas Indonesia, kualifikasi piala dunia 2022, timnas malaysia

Usai Indonesia dikalahkan Malaysia, Simon McMenemy singgung jadwal liga

Pemain Timnas Indonesia Yustinus Paew (bawah) berusaha merebut bola dari pemain Timnas Malaysia Muhamad Nor Azam (kanan) saat laga perdana Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww

Jakarta (ANTARA) - Pelatih timnas Indonesia Simon McMenemy menyinggung jadwal Shopee  Liga 1 Indonesia usai timnya ditaklukkan Malaysia 2-3 dalam laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (5/9) malam.

"Saya tidak ingin mencari alasan untuk kekalahan itu. Namun jadwal liga sangat padat, sampai bertanding tiga kali seminggu," ujar Simon McMenemy  usai pertandingan.

Baca juga: Simon McMenemy sebutkan suporter Indonesia terbaik sekaligus terburuk

Hal tersebut, dia melanjutkan, membuat beberapa pemain sudah dalam kondisi kelelahan ketika tiba di pemusatan latihan (TC) tim nasional.

Di TC, tenaga mereka mau tidak mau kembali dikuras untuk mempersiapkan diri jelang laga melawan Malaysia.

Itu menyebabkan para pemain timnas kelelahan di 20 menit akhir saat pertandingan. Malaysia pun berhasil memanfaatkan situasi dan menang dengan skor 2-3, setelah dua kali tertinggal dari tim 'Garuda'.

"Ketika Ricky Fajrin cedera dan harus diganti di babak kedua itu pun akibat dari kelelahan. Seharusnya para pemain bisa mendapatkan kenyamanan di Liga 1. Mereka seharusnya diberikan jadwal liga yang rapi, tidak bisa pemain berlaga terus menerus," kata Simon.

Penyerang timnas Indonesia Alberto Goncalves juga mengakui bahwa dia dan rekan-rekannya dilanda kelelahan di babak kedua laga kontra Malaysia.

Meski demikian, pemain yang akrab disapa Beto itu tetap optimistis menyambut laga kedua Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia kontra Thailand pada Selasa (10/9) juga di SUGBK.

"Masih ada waktu pemulihan. Kondisi kami sekarang memang kelelahan. Mudah-mudahan semua pemain fit untuk laga itu," tutur dia.

Baca juga: Pelatih Timnas Simon McMenemy sulit terima kekalahan dari Malaysia

Indonesia dikalahkan tim tamu Malaysia dengan skor 2-3 pada laga perdananya di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di SUGBK, Jakarta, Kamis (5/9) malam.

Dua gol Indonesia dicetak oleh Alberto Goncalves (12', 39'), sementara gol Malaysia dilesakkan oleh Mohamadou Sumareh (37', 90+6') dan Muhammad Syafiq Ahmad (66').

Hasil itu membuat Indonesia untuk sementara berada di peringkat terbawah atau kelima klasemen sementara Grup G, sementara Malaysia bertengger di puncak.

Di laga lain grup ini, juga pada Kamis (5/9), Thailand dan Vietnam bermain imbang 0-0.

Baca juga: Usai laga lawan Indonesia, suporter Malaysia selamatkan diri
Baca juga: Ricuh, Indonesia versus Malaysia sempat dihentikan