Simon McMenemy sebutkan suporter Indonesia terbaik sekaligus terburuk

id timnas indonesia,timnas malaysia,kualifikasi piala dunia 2022,Indonesia vs malaysia,Simon McMenemy ,suporter indonesia

Simon McMenemy sebutkan suporter Indonesia terbaik sekaligus terburuk

Suporter timnas Indonesia memberikan dukungan saat laga perdana Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia melawan timnas Malaysia di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.

Suporter Indonesia adalah salah satu yang terbaik di dunia. Akan tetapi, jika ada persoalan mereka bisa menjadi yang terburuk,
Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Indonesia Simon McMenemy mengatakan, suporter sepak bola di Indonesia adalah pendukung terbaik di dunia sekaligus yang terburuk.

"Suporter Indonesia adalah salah satu yang terbaik di dunia. Akan tetapi, jika ada persoalan mereka bisa menjadi yang terburuk," ujar Simon McMenemy  usai skuatnya menghadapi Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (5/9) malam.

Dalam laga versus Malaysia itu, yang merupakan persaingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, oknum suporter Indonesia membuat ulah yang membuat pertandingan sempat dihentikan selama sekitar 10 menit di babak kedua.

Baca juga: Usai laga lawan Indonesia, suporter Malaysia selamatkan diri


Peristiwa tepatnya berlangsung setelah pertandingan sementara imbang 2-2. Beberapa pendukung Indonesia turun hingga ke lintasan lari stadion.

Mereka juga mengejek hingga melempari suporter Malaysia dengan kemasan minuman hingga bom asap. Selain di pertengahan paruh kedua, tindakan itu dilakukan kembali ketika pertandingan selesai dengan kemenangan 3-2 untuk Indonesia.

"Sulit untuk membicarakan suporter karena hal tersebut bukan sesuatu yang bisa saya kendalikan. Namun saya tidak bisa menjadikan itu alasan untuk kekalahan ini karena kedua tim terganggu dengan sikap suporter," tutur Simon.


Baca juga: Ricuh, Indonesia versus Malaysia sempat dihentikan

Sementara kapten timnas Indonesia Andritany Ardhiyasa mengaku bahwa tindakan suporter tuan rumah lebih menyakitkan hatinya daripada kekalahan itu sendiri.

Menurut Andritany, apa yang telah dilakukan suporter telah mencoreng nama baik bangsa.

"Saya sebagai kapten timnas sangat sedih. Seharusnya para pendukung menerima apapun hasil pertandingan. Kalau saya pribadi tidak terlalu terganggu dengan kelakuan suporter karena sudah terbiasa demikian, tetapi itu seharusnya tak boleh jadi kebiasaan," kata penjaga gawang klub Persija Jakarta tersebut.

Indonesia kalah dengan skor 2-3 dari Malaysia pada laga perdananya di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di SUGBK, Jakarta, Kamis (5/9) malam.

Dua gol Indonesia dicetak oleh Alberto Goncalves (12', 39'), sementara gol Malaysia dilesakkan oleh Mohamadou Sumareh (37', 90+6') dan Muhammad Syafiq Ahmad (66').

Hasil itu membuat Indonesia untuk sementara berada di peringkat terbawah atau kelima klasemen sementara Grup G, sementara Malaysia bertengger di puncak.

Di laga lain grup ini, juga pada Kamis (5/9), Thailand dan Vietnam bermain imbang 0-0.