SMN 2019 NTT tinjau proses pembuatan teh Kayu Aro di Kabupaten Kerinci

id teh Kayu Aro di Kabupaten Kerinci,Kabupaten Kerinci,Jambi,Antara Lampung,Antaralampung.com

SMN 2019 NTT tinjau proses pembuatan teh Kayu Aro di Kabupaten Kerinci

Seorang pelajar Nusa Tenggara Timur (NTT) tengah mengamati serbuk daun teh yang tengah diolah di pabrik pengolahan teh Kayu Aro Kabupaten Kerinci yang merupakan Unit Usaha PTPN6.

Jambi (ANTARA) - Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melihat langsung proses pembuatan teh Kayu Aro di Kabupaten Kerinci, saat kunjungan peserta SMN ke kabupaten tersebut, Selasa.

Pabrik teh Kayu Aro tersebut merupakan milik Unit Usaha Kayu Aro PTPN VI yang tahun ini juga menjadi CO PIC BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) yang salah satu programnya adalah Siswa Mengenal Nusantara

Peserta SMN NTT sebanyak 25 orang terdiri dari siswa SMA/SMK ditambah tiga siswa SLB itu berkunjung ke Pabrik Unit Usaha Kayu Aro didampingi langsung Manager Unit Usaha Kayu Aro, Fadli Wahyudi, Asisten Kepala Unit Usaha Kayu Aro dan Asisten SDM Umum Unit Usaha Kayu Aro.

Di pabrik teh Kayu Aro itu, peserta SMN dipandu Asisten SDM Umum Unit Usaha Kayu Aro, Kamiyanto dan mempersilahkan peserta SMN masuk langsung ke pabrik untuk pengolahan daun teh menjadi teh seduh yang siap dipasarkan.

Peserta juga disambut Maskep Pabrik Teh Kayu Aro, Aspen dan Asisten Pengelolaan Pabrik Teh Kayu Aro, Bagus serta Eko.

Di Pabrik Teh Kayu Aro, peserta SMN mendapat penjelasan secara mendalam mulai dari proses penampungan bahan baku yakni daun teh, proses pengeringan daun teh, penggilingan hingga menjadi bubuk dan dikemas serta siap diekspor.

Yeri, salah satu peserta SMN NTT mengaku banyak mendapat ilmu tentang pembuatan teh Kayu Aro melalui program pertukaran pelajar yang diinisiasi Kementerian BUMN tersebut.

"Senang sekali banyak dapat ilmu, apalagi teh Kayu Aro ini sudah terkenal dan rasanya enak. Kita sudah tau semua proses pembuatannya. Bagus sekali cara pengolahannya," kata Yeri.

Sebelum mengunjungi Pabrik Teh Kayu Aro, peserta SMN juga mengunjungi Pabrik Kopi Arabika Kerinci yang dikelola PT AgroTrofic. Di sini peserta SMN NTT mendapat banyak pengetahuan tentang proses pembuatan Kopi Arabika Kerinci.

Seperti diketahui, peserta SMN NTT mengikuti serangkaian kegiatan pertukaran pelajar atau SMN di Provinsi Jambi dari tanggal 15-23 Agustus 2019.

Tahun 2019, dalam program BHUN salah satunya SMN, PT Semen Baturaja (Persero) Tbk ditunjuk sebagai Personal In Charge (PIC) bersama dengan Asuransi Jiwasraya dan PTPN VI sebagai CO PIC.

Dimana pada SMN 2019 ini, sebanyak 20 orang siswa SM/SMK ditambah tiga siswa difabel (SLB) asal Provinsi Jambi dikirim ke Provinsi NTT dan sebaliknya 22 siswa SMA/SMK dan tiga siswa difabel NTT dikirim ke Jambi difasilitasi BUMN pelaksana yakni PT Pelindo III dan PT Garam.
 
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar