Wakil Wali Kota Metro minta keluarga calon haji tertib antar keberangkatan

id Lampung,Metro,Calhaj,Haji2019,Kloter28,Mekkah,Madinah

Wakil Wali Kota Metro Djohan saat meninjau fasilitas Masjid Taqwa yang akan digunakan untuk pelepasan calhaj Kota Metro pada Sabtu 20 Juli 2019 nanti. (Antaralampung.com/Hendra Kurniawan)

Metro (ANTARA) - Wakil Wali Kota Metro Djohan meminta keluarga para jamaah calon haji (calhaj) untuk tertib saat melepas keberangkatan sanak famili untuk menunaikan ibadah haji pada 20 Juli 2019 di Masjid Taqwa Kota Metro, Lampung.

"Yang akan berangkat nanti 405 calhaj dari Kloter 28, sehingga dibutuhkan ruang gerak yang luas agar para calhaj dapat mengikuti rangkaian kegiatan pelepasan hingga masuk ke dalam bus," kata Djohan, saat meninjau fasilitas Masjid Taqwa Kota Metro, Kamis (18/7/2019).

Pihaknya berharap tidak ada lagi calhaj Kota Metro yang mengalami patah kaki karena berdesak-desakan dan jatuh seperti tahun lalu tidak terulang kembali. 

"Saya harap kita berkaca dari pengalaman tahun lalu, ada jamaah yang jatuh sampai patah kaki. Karena itu saya minta para keluarga bisa mengerti, jadi setelah Shalat Subuh keluarga yang mengantar atau masyarakat yang ikut shalat berjamaah bisa langsung menunggu di sekitar masjid. Jangan sampai berdesak-desakan," katanya lagi. 

Menurutnya lagi, Pemkot Metro sudah berupaya melengkapi fasilitas di Masjid Taqwa untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi calhaj, seperti menambah pagar pembatas jalan pada jalan masuk calhaj ke Masjid Taqwa, juga menambah penerangan.

"Saya juga minta agar penerangan ditambah, karena jamaah ini kan kumpul pukul 04.00 sebelum Shalat Subuh. Bahkan bisa jadi ada yang sudah datang saat malam. Nah, saya juga minta Satpol PP berjaga untuk menghindari hal yang tidak diinginkan," ujarnya lagi. 

Ia berharap, seluruh calhaj di Bumi Sai Wawai dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan kembali berkumpul dengan keluarga, serta menjadi haji mabrur.

"Saya ingatkan kembali bahwa menjaga keamanan dan kenyamanan jamaah haji adalah tugas kita bersama. Mari kita doakan para jamaah bisa menunaikan ibadah haji lancar dan selamat sampai kembali ke Kota Metro," katanya pula.
Pewarta :
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar