Pantai Carocok Painan kebanjiran pengunjung

id Pantai carocok,Jasa pemotretan,Libur Lebaran,Pariwisata Pesisir Selatan,Objek wisata Lampung, Wisata pantai Lampung, Mal di Lampung, Idul Fitri 1440 H

Wisatawan memadati objek wisata Pantai Carocok Painan. (Antara Sumbar / Didi Someldi Putra)

Painan (ANTARA) - Fotografer di Pantai Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat kebanjiran pesanan selama libur Lebaran 2019 karena membludaknya kunjungan wisatawan ke objek wisata tersebut.



"Libur Lebaran ini pesanan meningkat empat kali lipat jika dibanding dengan libur akhir pekan," kata Koordinator Fotografer Pantai Carocok Painan, Robi Marta di Painan, Senin.



Setidaknya dalam sehari satu fotografer bisa mendapat pesanan memotret serta mencetak hasil potretan sebanyak 60 lembar.



Selain itu fotografer juga mendapat tawaran khusus untuk memotret saja tanpa mencetak hasil potretan dan jumlah ini jauh lebih banyak dibanding pesanan langsung cetak.



Ia mengungkapkan satu kali memotret serta cetak satu lembar foto berukuran 10 R, pemesan hanya dikenakan biaya Rp20 ribu, sementara jika hanya memotret harganya lebih murah dan bisa nego.



Khusus untuk memotret, setelah sesinya selesai si pemesan akan memilih hasilnya yang bagus dan selanjutnya memindahkan filenya ke telepon genggam.



"Kami fotografer di Pantai Carocok Painan sepakat untuk tetap menggunakan tarif normal meski selama libur Lebaran wisatawan meningkat, sebagai upaya memberikan kenyamanan kepada wisatawan," ujarnya.



Dia mengatakan saat ini terdapat 20 fotografer yang tergabung dalam Fotografer Pantai Carocok Painan, selain menerima pesanan memotret dan cetak foto mereka juga siap memberikan informasi seputar dunia kepariwisataan di Pesisir Selatan.



Dalam upaya menarik kunjungan wisatawan ke objek wisata Pantai Carocok Painan selain mengandalkan keindahan bahari dan infrastruktur yang ada, pemerintah kabupaten juga menyelenggarakan pergelaran wisata seni dan budaya.



"Dalam pelaksanaanya kami bekerja sama dengan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, kami menyediakan tempat sementara pejabat terkait di sana menyiapkan rangkaian acara dan pelaksanaannya," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesisir Selatan, Zulkifli.



Ia mengatakan pergelaran wisata seni dan budaya digelar semenjak Kamis (6/6) hingga Senin (10/6) mencakup penampilan rabab pasisia dan gandang tambua.



Kegiatan tersebut juga digelar untuk mendekatkan seni dan budaya khas daerah setempat kepada seluruh wisatawan.



Meski sudah memasuki hari kerja, objek wisata Pantai Carocok Painan pada Senin siang masih dibanjiri wisatawan, setidaknya hingga pukul 12.00 WIB petugas pintu masuk objek wisata mencatat sebanyak 1.700 wisatawan telah datang ke lokasi itu.

Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar