BUMN Hadir - peserta SMN kunjungi rumah kreasi edukasi Lampung

id peserta smn, bumn hadir untuk negeri, provinsi gorontalo

BUMN Hadir - peserta SMN kunjungi rumah kreasi edukasi Lampung

Kepala Unit Bisnis PT Kimia Farma Lampung M. Nur Huda (tengah) bersama peserta SMN asal Provinsi Gorontalo (ANTARA/Emir FS) (ANTARA/Emir FS/)

Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Sebanyak 24 pelajar peserta Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Asal Provinsi Gorontalo mengunjungi rumah kreasi edukasi dan pengenalan penjualan produk UMKM secara online di Provinsi Lampung sejalan dengan peningkatan bisnis online.

Farid, penanggung jawab rumah kreasi edukasi, di Bandarlampung, Jumat, mengatakan terdapat beberapa upaya penjualan online yang diajarkan kepada siswa, di antaranya mulai dari cara pengemasan produk, penamaan, dan penentuan harga serta penulisan deskripsi barang yang akan dijual.

Selain itu, katanya lagi, penamaan produk sangat disarankan menarik dan jelas, begitu juga dengan penentuan harga yang sebaiknya menggunakan trik dengan menampilkan dua harga, dengan salah satu harga dicoret, sehingga terlihat seperti ada diskon dan membuat pembeli tertarik.

Ia meenjelaskan, terhadap deskripsi produk harus dijelaskan secara detail, lengkap dan terperinci, agar pembeli mendapatkan semua informasi yang mereka butuhkan mengenai produk yang akan dibeli.

"Penentuan harga produk juga harus menjadi perhatian bersama, karena itu yang akan menarik para konsumen untuk membelinya," kata Farid.

Dia menjelaskan, sebagai penjual harus terus mempromosikan toko online yang dikelola, sehingga calon pembeli akan tertarik, dan jika sudah ada pembeli pastikan barang atau produk yang dibeli, pengirimannya tepat waktu.

Ia menambahkan, berdasarkan hasil survei para pembeli online sangat menginginkan produk yang mereka beli dapat sampai 1-2 hari sejak mereka melakukan pembayaran, dengan melakukan pelayanan yang baik, dan komunikasi yang lancar dengan pembeli dapat membuat pembeli merasa nyaman dan puas.

"Selain itu, pelayanan purna jual yang baik juga dapat membuat pembeli tersebut merekomendasikan toko anda ke orang lain," katanya lagi.