Pemprov Lampung-Sumut kerja sama terapkan e-Planning

id bappeda lampung, taufik hidayat

Pemprov Lampung-Sumut kerja sama terapkan e-Planning

Pemerintah Provinsi Lampung dan Sumatera Utara menggelar Rapat Pembahasan Draft MoU tentang Kerjasama Jaringan Lintas Daerah Penerapan e-Planning Dan e-Budgeting di Pemprov Sumut, Selasa (8/5) (bappedalampungprov.go.id)

Bandarlampung  (Antaranews Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung dan Sumatera Utara menyepakati kerja sama jaringan lintas daerah penerapan e-Planning dan e-Budgeting sebagai salah satu upaya pemerintah untuk menciptakan keterpaduan pembangunan antardaerah.

Plt Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Lampung, Taufik Hidayat dalam penjelasan di laman http://www.bappeda.lampungprov.go.id dipantau di Bandarlampung, Rabu menyebutkan, Pemprov Lampung dan Pemprov Sumut menjalin kesepakatan bersama itu demi terwujudnya efisiensi, efektivitas, dan sinergi dalam proses perencanaan daerah.

Berkaitan kesepakatan itu, Pemprov Lampung dan Sumatera Utara telah menggelar Rapat Pembahasan Draf MoU tentang Kerja Sama Jaringan Lintas Daerah Penerapan e-Planning dan e-Budgeting di ruang Rapat Kaharudin Nasution Lantai 8 kantor Gubernur Sumatera Utara, di Medan, Selasa (8/5).

Kerja sama yang dibangun oleh kedua daerah dalam kesepakatan bersama ini adalah bidang teknologi informasi, yaitu penerapan perencanaan dan penganggaran berbasis elektronik berupa aplikasi e-Planning dan e-Budgeting.

Program e-Planning dan e-Budgeting Pemprov Sumatera Utara merupakan hasil rekomendasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dinilai telah cukup baik dan layak dijadikan contoh bagi daerah lain, sehingga Pemprov Lampung berharap dengan adanya kerja sama dan berjalan penerapan kedua aplikasi ini membuat sistem perencanaan pembangunan daerah tahun depan dapat saling terintegrasi.

Menurutnya, tujuan kesepakatan bersama ini adalah untuk meningkatkan kualitas pemerintahan, pembangunan, perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Lampung dan Provinsi Sumut.

Pembahasan draft MoU itu dipimpin oleh Asisten Administrasi Umum dan Aset Sekdaprov Sumut Zonny Waldi, dan juga dilakukan untuk mengintegrasikan e-Planning dan e-Budgeting.

Pejabat Pemprov Lampung yang hadir dalam forum itu adalah Taufik Hidayat selaku Plt Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Lampung, Kepala Badan Keuangan Provinsi Lampung, Kepala Badan Pendapatan Daerah, Kepala Biro Humas Protokol, dan Kepala Biro Aset dan Perlengkapan.

Draf MoU terkait kerja sama ini siap ditandatangani pada Rabu ini oleh Plt Sekdaprov Sumut Ibnu S Hutomo dan Plt Sekdaprov Lampung Hamartoni Ahadis.