Sepuluh Parpol nonparlemen Beri Dukungan Ganda Calon Gubernur

id Sepuluh Parpol nonparlemen Beri Dukungan Ganda Calon Gubernur

Bandarlampung (ANTARA LAMPUNG) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung menyebutkan sepuluh partai politik nonparlemen memberikan dukungan ganda kepada pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Lampung untuk maju dalam pilkada tahun 2013.

"Hasil verifikasi awal, kami menemukan sepuluh partai nonparlemen memberi dukungan ganda, bahkan ada juga parpol yang memberi tiga dukungan pada pasangan calon gubernur," kata anggota KPU Lampung Edwin Hanibal dalam diskusi Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP), di Bandarlampung, Senin (8/7).

Edwin menguraikan, 10 parpol yang memberi dukungan ganda itu, antara lain Partai Barnas mendukung pasangan Ridho Ficardo-Bachtiar Basri dan mendukung Herman HN-Zainuddin Hasan, Partai Buruh mendukung Ridho-Bachtiar dan Herman-Zainudin, Partai Pelopor mendukung Berlian Tihang-Mukhlis Basri dan mendukung Herman HN-Zainudin Hasan, PIS mendukung Ridho-Bachtiar dan Herman-Zainudin.

Selanjutnya, PKP mendukung Ridho-Bachtiar dan Herman-Zainudin, PNB dukung Ridho-Bachtiar dan Herman-Zainudin.

Kemudian PPPI memberi tiga dukungan, yakni Berlian-Mukhlis, Ridho-Bachtiar dan Herman-Zainudin, dan PRN mendukung Ridho-Bachtiar dan Herman-Zainudin, serta PPNUI mendukung Ridho-Bachtiar dan Herman-Zainudin.

Edwin menambahkan, pada pemilihan kepala daerah di kabupaten di Provinsi Lampung juga ditemukan sejumlah parpol yang memberi dukungan ganda pada pasangan calon.

Menurut dia, KPU Lampung telah melaksanakan beberapa tahapan pemilihan gubernur setempat.

Hadir dalam diskusi itu calon gubernur Lampung Amalsyah Tarmizi dan Herman HN, pengamat hukum Dr Wahyu Sasongko, pengamat politik Arizka Warganegara MA, dan sejumlah aktivis.