Kasus cacar monyet Nigeria meningkat, menyebar ke ibukota dan 20 negara bagian

id Nigeria,penyebaran mpox

Kasus cacar monyet Nigeria meningkat, menyebar ke ibukota dan 20 negara bagian

ilustrasi vaksin mpox/ANTARA/Anadolu/PY

Abuja, Nigeria (ANTARA) - Kasus cacar monyet (monkey pox/mpox) di Nigeria telah meningkat menjadi 48 kasus, dan virus tersebut kini dilaporkan menyebar ke ibu kota Abuja dan 20 negara bagian lainnya, menurut Pusat Pengendalian Penyakit Nigeria (NCDC).Meskipun terjadi peningkatan jumlah kasus, sejauh ini tidak ada laporan kematian.

Pemerintah menerima kiriman 10.000 dosis vaksin dari Amerika Serikat (AS) pada 27 Agustus untuk membantu mengendalikan wabah tersebut.

Selain itu, formulir deklarasi kesehatan untuk pelancong internasional telah diperkenalkan untuk membantu mengekang penyebaran virus.

Uni Afrika telah menyatakan keadaan darurat kesehatan masyarakat sebagai respons terhadap penyebaran cepat virus ini di seluruh benua.

Mpox ditularkan melalui kontak dengan hewan pengerat yang terinfeksi, individu yang terinfeksi, atau benda-benda yang terkontaminasi.

Gejala biasanya muncul 5 hingga 21 hari setelah paparan dan meliputi demam, nyeri tubuh, pembengkakan kelenjar getah bening, dan lesi kulit.

Meskipun tidak ada pengobatan khusus, obat antivirus dapat membantu mengelola kondisi ini.

Sebagian besar kasus bersifat ringan, dengan pemulihan terjadi dalam beberapa minggu.

Pada tahun 2022, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengganti nama "monkeypox" menjadi "mpox" untuk merespons kekhawatiran tentang rasisme dan diskriminasi yang terkait dengan istilah tersebut.

 

Sumber : Anadolu-OANA

 

 

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kasus Mpox Nigeria meningkat, menyebar ke ibukota dan 20 negara bagian