Pemkot Metro dan Bulog salurkan bantuan beras alokasi Agustus

id bulog, pemkot metro, bantuan beras

Pemkot Metro dan Bulog salurkan bantuan beras alokasi Agustus

Wali Kota Metro Wahdi Siradjuddin secara simbolis menyalurkan bantuan beras kepada masyarakat. (ANTARA/Hendra Kurniawan)

Metro (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro bersama Bulog Subdivre Lampung Tengah menyalurkan beras bantuan pangan alokasi Agustus 2024 untuk masyarakat di Kecamatan Metro Pusat dan Metro Barat, Senin.

Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin mengatakan, masyarakat Kota Metro yang mendapatkan bantuan beras alokasi bulan Agustus ini berjumlah 8.825 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

"Iya alhamdulillah pemerintah hari ini menyalurkan bantuan beras untuk alokasi bulan Agustus untuk masyarakat. Total ada 8.825 KPM dan bantuan ini bulan depan akan ada lagi," katanya. 

Dia berharap, adanya bantuan ini dapat bermanfaat untuk meringankan beban masyarakat utamanya yang kurang mampu di Bumi Sai Wawai dalam memenuhi kebutuhan beras.

"Insha Allah akan selesai dibagikan pada hari ini, jadi bisa langsung digunakan oleh masyarakat. Karena bantuan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat," ucapnya.

Ia menjelaskan untuk penerima bantuan  sudah tepat sasaran. Karena untuk menentukan siapa yang menerima bantuan ini sudah ada syarat dan ketentuannya dari Pemerintah Pusat.

Sementara itu, Kepala Bulog Subdivre Lampung Tengah, Tri Novianti menjelaskan, masing-masing KPM akan menerima bantuan beras sebanyak 10 Kg.

"Jumlah penerimanya masih sama yaitu 8.825 KPM dan masing-masing KPM itu menerima bantuan beras sebanyak 10 kilogram," jelasnya.

Dia menuturkan, dalam bantuan ini Bulog hanya bertugas untuk menyalurkan bantuan beras, sedangkan untuk data KPM berasal dari Badan Pangan Nasional (Bappanas) RI.

"Data itu dari Bappanas berkoordinasi dengan Kementerian PMK, lalu divalidasi lagi oleh DKP3. Jadi tugas kita hanya menyalurkannya saja," paparnya. 

Tri Novianti menambahkan, bantuan beras ini merupakan bantuan pangan tahap ketiga, dimana setelah ini bantuan akan kembali disalurkan pada bulan Oktober dan Desember.