Pemkab Lampung Barat: Lari santai ajang promosikan hidup sehat

id Lampung Barat ,Fun run lari santai,Pemkab Lambar

Pemkab Lampung Barat: Lari santai ajang promosikan hidup sehat

Suasana saat sejumlah warga melakukan olahraga fun run lari santai. (ANTARA/HO/Kominfo Lampung Barat)

Lampung Barat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Lampung Barat, menyebutkan bahwa kegiatan fun run (lari santai) menjadi ajang untuk mempromosikan budaya hidup sehat masyarakat di wilayah tersebut.

Penjabat Bupati Lampung Barat Nukman, dalam keterangannya, Kamis, mengatakan lari santai adalah sebuah kegiatan yang baik dan positif dan dapat dijadikan sebagai wahana untuk mengkampanyekan budaya hidup sehat dengan gemar berolahraga.

"Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat kebahagiaan dan keceriaan, sekaligus untuk mengkampanyekan budaya hidup sehat dengan rutin berolahraga, salah satunya adalah olahraga lari santai," kata dia.

Menurutnya, olahraga lari santai tersebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

"Salah satu manfaat terbesar berlari adalah meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, karena berlari merupakan kardio," katanya.

Lari merupakan aktivitas fisik yang bertujuan untuk memompa darah dari jantung dan paru-paru agar detak jantung meningkat hingga mencapai titik maksimal pembakaran lemak dan kalori.

Selain itu, kata dia, lari santai dapat membantu menurunkan berat badan karena membakar kalori dan lemak, sehingga sangat baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Oleh karena itu, ia berharap melalui lari santai jadi penghubung membangun semangat kolektif di masyarakat agar menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga.

Ia menjelaskan lari santai digagas oleh pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Lampung Barat, yang digelar di pelataran Gedung Pancasila Kecamatan Balik Bukit, pada Kamis (8/8).