Pemkot Bandarlampung pastikan dana hibah parpol naik jadi Rp3.500

id Bandarlampung,Lampung,Bandar Lampung,Dana Hibah Parpol

Pemkot Bandarlampung pastikan dana hibah parpol naik jadi Rp3.500

Ilustrasi: Bendera Parpol Peserta Pemilu 2024 yang terpasang di Kantor KPU Lampung. (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Dana hibah bagi parpol di tahun ini naik Rp850 per satu suara.
Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung menyatakan bahwa dana hibah bagi partai politik (parpol) Pada 2024 naik menjadi Rp3.500 dari sebelumnya Rp2.650.

"Dana hibah bagi parpol di tahun ini naik Rp850 per satu suara. Bantuan dana hibah parpol ini memang tiap tahunnya dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bandarlampung," kata Kepala Bidang (Kabid) Politik Dalam Negeri Kesbangpol Bandarlampung Rifya, di Bandarlampung, Senin.

Dia mengatakan bantuan dana hibah parpol ini akan diberikan kepada partai politik yang memiliki kursi atau keterwakilan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bandarlampung pada Pemilu 2024 lalu.

"Jadi sekarang dana hibah tersebut akan diberikan ke delapan parpol yang pada Pemilu 2024 memperoleh kursi DPRD Bandarlampung. Kalau sebelumnya itu ada 10 parpol yang terima dana hibah," kata dia.

Rifya menjelaskan bahwa untuk pengajuan pencairan bantuan dana hibah parpol pada tahun ini dapat dilakukan dari September hingga Desember 2024.

"Jadi parpol-parpol yang punya keterwakilan di DPRD Bandarlampung seperti Partai Gerindra, PKS, Nasdem, PDI P, Golkar Demokrat, PKB dan PAN dapat mengajukan bantuan dana hibah di September paling cepat dan Desember paling lambat," kata dia.

Namun demikian, lanjut dia, untuk masalah pencairan bantuan dana hibah bagi parpol tersebut, pihaknya masih menunggu Instruksi lebih lanjut dari Pemerintah Pusat.

"Kalau sebelumnya untuk parpol yang punya keterwakilan di DPRD Bandarlampung, pencairan dana hibah dilakukan sepanjang Januari hingga Agustus. Hal itu sesuai dengan surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), tapi tahun ini kami belum tahu kapan," kata dia.

Baca juga: KPU Bandarlampung sebut pemilih potensial pilkada 2024 bertambah 4.124 jiwa

Baca juga: KPU Lampung petakan 13.000 TPS untuk pilkada serentak

Baca juga: KPU dan Bawaslu Bandarlampung terima dana hibah Tahap II Pilkada Serentak 2024