Kemenag Lampung mengamati hilal awal Ramadhan di tiga titik

id Lampung,Bandarlampung,Kemenag Lampung,Hilal awal ramadhan

Kemenag Lampung mengamati hilal awal Ramadhan di tiga titik

Ilustrasi - Warga ikut mengamati hilal yang dilakukan di Kampus Institut Teknologi Sumatra (Itera). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Lampung mengatakan bahwa ada tiga titik yang menjadi lokasi pemantauan hilal awal Ramadhan 1445 Hijriah di Provinsi itu

"Tiga titik yang jadi lokasi pemantauan hilal ada di Kabupaten Lampung Selatan, Pesisir Barat dan Institut Teknologi Sumatera (Itera)," kata Kabid Urusan Agama Islam (Urais) Kemenag Lampung, Yulizar, di Bandarlampung, Sabtu.

Ia mengatakan bahwa pengamatan hilal awal Ramadhan akan dilaksanakan setelah Shalat Ashar di tiga lokasi titik tersebut dengan menempatkan tim teknis di sana.

"Nantinya hasil pengamatan hilal, kami di sini akan dilaporkan ke Kemenag RI bersama hasil pengamatan hilal dari daerah lainnya guna menetapkan awal Ramadhan," kata dia.

Yulizar menyebutkan bahwa guna menentukan hilal, Kementerian Agama memiliki kriteria tersendiri yakni ketinggiannya harus terlihat di atas ufuk 3 derajat, tetapi apabila melihat perkembangan besok, di Lampung posisinya masih 0,40 derajat sehingga mustahil hilal terlihat.

"Besok itu posisinya diperkirakan masih 0,40 derajat, artinya masih di bawah 0 derajat atau minus, sehingga memang mustahil hilal terlihat meskipun dengan alat-alat yang canggih," kata dia.

Namun begitu, ia mengatakan apa pun hasil pengamatan hilal di sini, baik terlihat maupun tidak tetap akan disampaikan ke Kementerian Agama RI sebagai rujukan pada sidang Isbat penetapan awal Ramadhan.

"Sehingga kemungkinan besar akan ada perbedaan awal Ramadhan dari pemerintah dan sejumlah organisasi masyarakat (ormas) Islam. Karena di kalangan ormas Islam ada yang pakai wujudul hilal untuk tentukan 1 Ramadhan," kata dia.*



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenag Lampung amati hilal awal ramadhan di tiga titik