Korlantas: Pelabuhan Ciwandan Banten dipakai untuk arus Lebaran 2024

id Pelabuhan Ciwandan, ciwandan mudik, lebaran, korlantas polri

Korlantas: Pelabuhan Ciwandan Banten dipakai untuk arus Lebaran 2024

Sejumlah petugas memantau kondisi dermaga di Pelabuhan Ciwandan, Kota Cilegon, Banten, Senin (5/3/2024). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Kesiapan sarana prasarana yang ada di Ciwandan, baik itu sarana umum, misalnya toilet, tempat istirahat, tenda dan sebagainya sudah kita persiapkan dengan baik
Cilegon (ANTARA) -
Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menetapkan Pelabuhan Ciwandan, Kota Cilegon, Banten, siap dipakai sebagai salah satu pelabuhan untuk arus Lebaran 2024.
 
Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Slamet Santoso mengatakan pelabuhan yang berlokasi 20 kilometer ke arah selatan dari Pelabuhan Merak itu, digunakan sebagai jalur mudik menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Pada arus Lebaran 2023, pelabuhan itu digunakan dengan status sebagai pelabuhan alternatif.
 
"Jadi memang tidak situasional seperti tahun lalu, tapi akan kita mantapkan, kita sudah tetapkan," kata Slamet di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Senin.
 
Dia menjelaskan pada Lebaran 2024 ini ada tiga pelabuhan yang bakal difungsikan untuk arus Lebaran, yaitu Pelabuhan Merak, Pelabuhan Ciwandan, dan Pelabuhan BBJ yang berlokasi di kawasan industri Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang, Banten.
 
Menurutnya, Pelabuhan Ciwandan bakal difungsikan untuk mengangkut kendaraan roda dua dan kendaraan besar yang masuk ke dalam Golongan VI dan VII, sedangkan Pelabuhan BBJ bakal digunakan untuk mengangkut kendaraan besar Golongan VIII ke atas.

"Kesiapan sarana prasarana yang ada di Ciwandan, baik itu sarana umum, misalnya toilet, tempat istirahat, tenda dan sebagainya sudah kita persiapkan dengan baik," katanya.

Dengan adanya tiga pelabuhan itu, menurutnya arus Lebaran menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung, bakal memiliki 11 dermaga. Selain itu, dia memastikan ada sebanyak 33 kapal yang sudah siap beroperasi, serta ada kapal-kapal cadangan yang juga dipersiapkan.

"Kapasitas pelabuhan sudah bisa kita antisipasi, demikian juga kesiapan kapal atau dermaga," katanya.

Sementara itu, Direktur Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan Kementerian Perhubungan Lilik Handoyo mengatakan Pelabuhan Ciwandan memiliki kapasitas untuk mengangkut 6.000 kendaraan per hari.

"Yang mungkin kami sampaikan, dalam angkutan Lebaran ini bukan hanya Pelabuhan Merak yang difungsikan tapi ada Pelabuhan Ciwandan dan BBJ," kata Lilik dalam kesempatan yang sama.

Baca juga: ASDP catat layani 162 ribu penumpang dari Jawa menuju Sumatera saat libur Imlek

Baca juga: 18 stasiun kereta api disiapkan untuk layani mudik motor gratis

Baca juga: Damri mulai buka pemesanan tiket angkutan Lebaran 2024