Airlangga: Pemerintah rencanakan impor tiga juta ton beras tahun 2024

id Menko Perekonomian,Impor beras,Defisit beras

Airlangga: Pemerintah rencanakan impor tiga juta ton beras tahun 2024

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) RI, Airlangga Hartarto saat ditemui dalam acara penyerahan bantuan pangan beras di Garut, Jawa Barat, Sabtu (20/1/2024). (ANTARA/Vinny Shoffa Salma).

Beras itu tahun kemarin kita impor sekitar 3,5 juta (ton). Tiga juta sudah masuk, 500 ribu ton diharapkan masuk di bulan Januari ini, kata Airlangga

Garut (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia (Menko Perekonomian RI) Airlangga Hartarto mengungkapkan pemerintah akan mengimpor kembali tiga juta ton beras pada tahun 2024 untuk mengatasi defisit beras dampak dari El Nino.

“Beras itu tahun kemarin kita impor sekitar 3,5 juta (ton). Tiga juta sudah masuk, 500 ribu ton diharapkan masuk di bulan Januari ini,” kata Airlangga saat ditemui dalam acara penyerahan bantuan pangan beras di Garut, Jawa Barat, Sabtu.

Pemerintah, katanya, sudah memutuskan untuk impor juga di tahun ini sebanyak tiga juta ton, di mana dua juta sedang berproses di Bulog,” katanya.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi dampak El Nino yang terjadi di Indonesia beberapa waktu terakhir dan menyebabkan defisit beras nasional hingga 2,3 juta ton. Oleh karena itu, pemerintah akan memenuhi kekurangan beras ini melalui program impor beras.