Jumlah penumpang kapal di Bakauheni alami lonjakan

id Lampung Selatan ,Asdp ,Bakauheni

Jumlah penumpang kapal di Bakauheni alami lonjakan

Suasana calon penumpang kapal yang akan melakukan penyeberangan menuju Pelabuhan Merak, Banten pada Senin (1/1/2024) malam. (ANTARA/Riadi Gunawan)

Lampung Selatan (ANTARA) - Jumlah penumpang kapal yang melakukan penyeberangan dari Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan menuju Pelabuhan Merak, Banten, mengalami lonjakan.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni mencatat jumlah penumpang pada Senin (1/1) pukul 08.00 WIB sampai dengan Selasa (2/1) pukul 08.00 WIB sebanyak 51.856 orang.

General Manager PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Rudi Sunarko, Selasa, mengatakan penumpang yang melakukan penyeberangan sebanyak 51.856 orang itu meningkat dibandingkan hari sebelumnya yang hanya 28.509 orang.

Baca juga: Calon penumpang padati Pelabuhan Bakauheni

Kemudian penumpang pejalan kaki pada Senin (1/1) pagi hingga Selasa (2/1) pagi sebanyak 5.655 orang, naik dari hari sebelumnya yang hanya 2.119 orang. Penumpang di dalam kendaraan sebanyak 46.201 orang, meningkat dari hari sebelumnya yang hanya 26.390 orang.

Selanjutnya jumlah kendaraan roda dua yang menyeberang sebanyak 4.854 unit. Jumlah itu mengalami peningkatan dari hari sebelumnya yang hanya 1.299 unit.

 Kemudian kendaraan roda empat sebanyak 5.436 unit. Jumlah itu meningkat dibandingkan hari sebelumnya yang hanya 3.224 unit.

Ia mengimbau para pengguna jasa penyeberangan agar membeli tiket Ferizy dari jauh hari.

Baca juga: Tahun baru 2024, pemudik di Pelabuhan Bakauheni ramai lancar

"Kami mengimbau calon penumpang dari Sumatera ke Jawa yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP agar membeli tiket dari jauh hari," katanya.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah memberlakukan ketentuan baru pembelian tiket online kapal feri mulai 11 Desember 2023.

Ketentuan itu berlaku di Pelabuhan Bakauheni, Pelabuhan Merak, Pelabuhan Ketapang, dan Pelabuhan Gilimanuk.

Ketentuan baru tersebut adalah pemesanan tiket feri dapat dilakukan sampai dengan batas radius maksimal lima kilometer sebelum pelabuhan.

Baca juga: 6.363 kendaraan menyeberang ke Bakauheni dalam 24 jam

Ketentuan itu ditetapkan dalam Surat Dirjen Hubdat AP.406/1/5/DJPD/2023 perihal Penataan Layanan Pemesanan Tiket Elektronik di Sekitar Pelabuhan.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jumlah penumpang kapal di Pelabuhan Bakauheni alami lonjakan