Harga sawit Riau naik jadi Rp21,75 per kg

id Dinas Perkebunan Riau

Harga sawit Riau naik jadi Rp21,75 per kg

Area perkebunan sawit Riau di kawasan Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. ANTARA/Frislidia.

Pekanbaru (ANTARA) - Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit Riau periode 20-26 Desember 2023 untuk umur sembilan tahun tercatat sebesar Rp2.549,03 atau mengalami kenaikan sebesar Rp21,75/kg dibandingkan dengan harga seminggu sebelumnya yakni Rp2.527,28/kg.

"Kenaikan harga minggu ini lebih disebabkan karena faktor harga CPO dan kernel naik, sedangkan sistem tata kelola penetapan harga TBS Provinsi Riau semakin membaik," kata Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran, Dinas Perkebunan Provinsi Riau Defris Hatmaja di Pekanbaru, Selasa.

Menurut Defris kenaikan harga sawit Riau juga didukung tata kelola penetapan harga yang makin baik merupakan upaya yang serius dari seluruh pemangku kepentingan didukung oleh Pemerintah Provinsi Riau dan Kejaksaan Tinggi Riau Kerjasama program menjaga Riau.

Komitmen bersama ini, kata Defris lagi diyakini berimbas pada peningkatan pendapatan petani yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

"Harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu kedepan naik menjadi Rp2.549,03/Kg dan berlaku untuk periode satu minggu ke depan, dengan harga cangkang berlaku untuk satu bulan kedepan dengan harga sebesar Rp15,55/Kg," katanya.

Pada periode ini indeks K yang dipakai adalah indeks K untuk 1 bulan ke depan yaitu 91,93 persen, harga penjualan CPO minggu ini naik sebesar Rp118,75 dan kernel minggu ini naik sebesar Rp5,14 dari minggu lalu.