Unila gelar pelatihan jurnalistik kehumasan

id lampung, unila, universitas lampung, kampus, universitas, lampung unila , unila lampung

Unila gelar pelatihan jurnalistik kehumasan

Budisantoso Budiman, Redaktur Perum LKBN ANTARA menjadi narasumber pada pelatihan jurnalistik kehumasan yang dilaksanakan Universitas Lampung (Unila). ANTARA/HO-Unila

Mudah-mudahan ikhtiar kita dapat memberikan dampak pada kemajuan Unila....

Unila Gelar Pelatihan Jurnalis (ANTARA) - Universitas Lampung (Unila) menyelenggarakan pelatihan jurnalistik kehumasan dengan tema “Jurnalis Profesional untuk Informasi yang Mencerdaskan” diselenggarakan di Hotel Radisson, Bandarlampung, beberapa waktu lalu.

Kegiatan bertujuan memberikan pemahaman kepada tenaga kependidikan Unila mengenai definisi, fungsi, dan tujuan jurnalistik, serta membangun sinergitas dan jejaring aktivitas kehumasan di lingkup Unila sehingga dapat bersama-sama meningkatkan produktivitas dalam kegiatan publikasi berkualitas di lingkungan Unila.

Pada pelatihan kali ini, Unila menghadirkan narasumber berkompeten, yaitu Budisantoso Budiman Editor LKBN ANTARA di Biro Lampung, Wirahadikusumah Ketua PWI Lampung, Adi Pranoto dari Kantor Berita RMOL Lampung, dan Ahmad Riyadi Wakil Sekretaris PWI Lampung.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja sama, dan Teknologi Informasi Unila Dr. Ayi Ahadiat saat membuka pelatihan menyampaikan pentingnya pelatihan ini bagi para peserta yang berada di lingkup Humas Unila.

Ia juga mengapresiasi para narasumber yang hadir atas kontribusi mereka dalam memperkaya pengetahuan yang akan disampaikan kepada audiens.

“Mudah-mudahan ikhtiar kita dapat memberikan dampak pada kemajuan Unila. Terima kasih kepada narasumber yang akan mencurahkan segala kemampuan dan yakin kita bisa menjaga silaturahmi dan saling menguatkan,” ujarnya.

Materi pertama disampaikan Budisantoso yang menjelaskan tentang “Kode Etik Jurnalistik dan Hukum Pers serta Seluk Beluk Kewartawanan dan Interaksi positif Humas dan Pers.” 

Dilanjutkan dengan Wirahadikusumah dengan materi “Peran dan Fungsi Humas Perguruan Tinggi di Era Disrupsi Informasi dan Revolusi Industri 4.0 serta AI”.

Materi lainnya, “Membangun Citra Positif Kebangkitan Unila Menuju Perguruan Tinggi Berkelas Dunia” disampaikan Adi Pranoto.

Terakhir Ahmad Riyadi menjelaskan tentang, “Teori dan Praktik Penulisan Berita, Foto, dan Video Ekspose (vlog, TikTok, Youtube, Medsos, portal, news bulletin) yang Atraktif dan Menginspirasi.”

Usai penyampaian materi, peserta akan melakukan praktik membuat produk jurnalistik sesuai arahan narasumber. Adapun peserta pelatihan, yakni para tenaga kependidikan setiap fakultas dan unit kerja di lingkungan Unila.
Baca juga: UKPM Teknokra Unila siap jaring magang ke-75
Baca juga: Unila gelar seminar geodetik