Banten masuk daerah favorit investasi

id BI Banten,Bank indonesia, investasi

Banten masuk daerah favorit investasi

Ekonom Senior Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten, Lukman Hakim saa kegiatan ekonomi autlook bersama wartawan di Serang, Banten, Jumat (27/10/2023) (ANTARA/Desi Purnama Sari)

Serang (ANTARA) - Banten menjadi daerah favorit investasi pada semester 1 tahun 2023 dengan menempati urutan ke lima sebagai provinsi dengan investasi tertinggi se-Indonesia. 

Ekonom Senior Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten, Lukman Hakim di Serang, Banten, Jumat, mengatakan, investasi di Banten didominasi oleh sektor industri kimia, farmasi dan perumahan. Dengan penanaman modal asing terbesar berasal dari Malaysia, Singapura dan Korea Selatan. 
 
"Provinsi Banten masuk lima besar dengan investasi tertinggi secara nasional, dengan nilai Rp50,6 triliun," katanya. 
 
Lukman mengatakan, pertumbuhan investasi di Banten tumbuh lebih baik dibandingkan dengan 2022, dan meningkat 53,7 persen. Dan terdapat beberapa investasi sektor utama di Provinsi Banten, diantaranya industri kimia dan farmasi dengan nilai Rp11,86 triliun. 
 
Kemudian perumahan, kawasan industri dan perkantoran sebesar Rp11,35 triliun, transportasi, gudang dan telekomunikasi senilai Rp4,82 triliun.