Rektor: Dies Natalis ke-9 Itera momentum tingkatkan kualitas SDM sains

id Lampung,Itera,Dies natalis

Rektor: Dies Natalis ke-9 Itera momentum tingkatkan kualitas SDM sains

Rektor Institut Teknologi Sumatera (Itera) Prof Dr I Nyoman Pugeg Aryantha saat memberikan pidatonya dalam acara Dies Natalis ke-9, di Lampung Selatan, Jumat (6/10/2023). ANTARA/HO-Humas Itera

Gagasan besar pendirian Itera untuk pemenuhan kebutuhan SDM unggul bidang sains dan teknologi di Indonesia khususnya di Sumatera.
Bandarlampung (ANTARA) - Rektor Institut Teknologi Sumatera (Itera) Prof Dr I Nyoman Pugeg Aryantha mengatakan bahwa Dies Natalis ke-9 Itera merupakan momentum peningkatan sumber daya manusia (SDM) di bidang sains dan teknologi.

"Saya ingin mengingatkan kembali, tentang gagasan besar pendirian Itera untuk pemenuhan kebutuhan SDM unggul bidang sains dan teknologi di Indonesia khususnya di Sumatera. Sehingga peringatan dies natalis diharapkan menjadi momentum komitmen Itera tersebut," kata Prof I Nyoman Pugeg Aryantha, dalam keterangan yang diterima di Bandarlampung, Jumat.

Dia mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil kajian pemerintah pada tahun 2011, menengarai jumlah perguruan tinggi di Indonesia yang fokus pada bidang sains dan teknologi masih sangat minim dibandingkan dengan bidang lainnya. 

“Atas dasar itu, dan realitas rasio jumlah sarjana bidang Iptek berbanding jumlah penduduk yang rendah, sekitar 0,07 persen, maka Itera didirikan dengan bimbingan langsung dari ITB, guna memenuhi SDM yang berkualitas di bidang sains dan teknologi," kata dia.

Rektor juga menyampaikan berbagai pencapaian telah diraih oleh Itera saat ini, antara lain menyelenggarakan 42 program studi  S1, dan 1 program studi S2 yang terbagi menjadi 3 jurusan, dalam waktu dekat menjadi fakultas. 

"Hingga semester ganjil 2023 jumlah mahasiswa aktif Itera telah mencapai 20.394 mahasiswa dari berbagai daerah di Sumatera dan Indonesia. Itera juga telah meluluskan 5.151 alumni," kata dia.

Dari semua lulusan tersebut, kata dia lagi, berdasarkan hasil treasure study, sekitar 57 persen dari alumni Itera bekerja pada perusahaan swasta, 29 persen bekerja pada instansi pemerintah, dan sisanya 14 persen.

"Sisanya lulusan Itera berada pada usaha mandiri dan sektor lain. Selain itu berbagai prestasi Itera, yang diraih sivitas akademika mulai dari dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa," kata dia pula.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi sebagai salah satu tokoh pendiri Itera, berharap momentum Dies Natalis ke-9 Itera, dapat menjadi kesempatan merenungkan pencapaian dan mengevaluasi perjalanan Itera.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, kami mengucapkan selamat kepada seluruh sivitas akademika Itera, terutama kepada mahasiswa, dosen, staf, dan para alumni yang telah memberikan kontribusi besar dalam membangun reputasi dan prestasi Itera," kata dia.
Baca juga: Itera Gelar Seminar Pelecehan Seksual
Baca juga: Gubernur Arinal hadiri sidang terbuka dalam rangka Dies Natalis Itera ke-9