Ketua TP PKK Lampung Selatan hadiri pencanangan program Swasembada Sekolah di Candipuro

id lampung, lampung selatan, kalianda, lamsel,swasembada sekolah

Ketua TP PKK Lampung Selatan hadiri pencanangan program Swasembada Sekolah di Candipuro

Ketua TP PKK Lampung Selatan menghadiri pencanangan program Swasembada Sekolah di Candipuro. ANTARA/HO-Pemkab Lamsel

Kami di Candipuro juga punya gerakan yang mendukung program Swasembada Sekolah yaitu PERANGI anak Polah.

Bandarlampung (ANTARA) - Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Lampung Selatan Hj Winarni Nanang Ermanto menghadiri kegiatan pencanangan Program Swasembada Sekolah di Kecamatan Candipuro, Jumat (9/6).

Kegiatan itu berlangsung di Balai Desa Rawa Selapan, dan turut dihadiri oleh kepala desa dan UPT se-Kecamatan Candipuro.

Camat Candipuro Ahmad Sholatan melaporkan, di kecamatannya memiliki inovasi yang mendukung gerakan Swasembada Sekolah yang diberi nama PERANGI Anak Polah (Petakan, Rangkul, Ajak,dan Dampingi anak Putus Sekolah).

Dirinya menyampaikan dengan inovasi itu  dilakukan pemetaan sesuai dengan masalah yang terjadi di setiap anak dan kita akan mencari solusi untuk menyelesaikan.

“Kami di Candipuro juga punya gerakan yang mendukung program Swasembada Sekolah yaitu PERANGI anak Polah, gerakan ini dilakukan dengan cara memetakan masalahnya dulu baru kita cari solusinya," ujarnya pula.

Camat Candipuro itu menambahkan, di kecamatannya ada anak usia SMA putus sekolah dikarenakan sudah tidak mampu membayar biaya sekolah, dan saat ini sudah ditangani dengan diberikan sekolah gratis.

“Kemarin juga kami temukan anak SMA yang putus sekolah karena tidak mampu membayar, akhirnya kami koordinasi dengan sekolah dan sudah diberikan sekolah gratis,” kata Sholatan.

Sementara itu, Winarni dalam arahannya menyampaikan dirinya mengapresiasi apa yang telah dilakukan di Candipuro untuk menyelesaikan masalah putus sekolah.

”Saya sangat mendukung dan apresiasi dengan inovasi yang dimiliki Candipuro, dan ini adalah bentuk gerakan dan dukungan terhadap inovasi Lampung Selatan yaitu Swasembada Sekolah," katanya lagi.

Winarni menambahkan Candipuro adalah kecamatan pertama yang mencanangkan program Swasembada Sekolah dan melakukan penandatanganan bersama,

”Semua yang hadir pada hari ini adalah penggerak, dan Candipuro adalah pelopor dalam menggerakkan program tersebut dengan melakukan tanda tangan bersama semua pihak di kecamatan," ujarnya pula.

Winarni meminta agar inovasi yang ada di kecamatan ini lebih ditingkatkan lagi untuk ke depannya lebih banyak anak anak yang putus sekolah bisa ditangani dan diberikan pendidikan kembali.

”Tolong Pak Camat dikoordinir untuk inovasi ini bisa lebih ditingkatkan, agar ke depannya anak-anak yang putus sekolah ini bisa ditangani dan diberikan pendidikan kembali bisa lebih merata,“ ujar Winarni.

Ketua Penggerak Pendidikan Lampung Selatan itu, juga menyampaikan sesuai dengan arahan Pak Bupati kegiatan seperti ini jangan hanya sekadar seremoni namun harus dilaksanakan dan harus tepat sasaran.

Pada kesempatan itu, Winarni melakukan pencanangan dengan tanda tangan bersama semua yang hadir sebagai komitmen untuk menyukseskan program Swasembada Sekolah di Lampung Selatan.
Baca juga: Bupati Nanang Ermanto resmikan gerakan swasembada sekolah