KSP Kopdit Mekar Sai gelar RAT dan anggota miliki peran sebagai pemilik di era digital

id koperasi mekar sai, rat mekar sai, anggota koperasi

KSP Kopdit Mekar Sai gelar RAT dan anggota miliki peran sebagai pemilik di era digital

Ketua Pengurus KSP Kopdit Mekar Sai, Andreas Muhi Pukai (ANTARA/Agus Wira Sukarta)

Bandarlampung (ANTARA) - KSP Kopdit Mekar Sai menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2022 dan mengajak kepada seluruh anggota untuk menyadari keberadaan sebagai pemilik, di era digital.

"Anggota mempunyai peran yang sangat besar sebagai pemilik. Mereka yang memiliki modal yang terkumpul dalam koperasi dan suara mereka yang utama menentukan arah kebijakan maupun gerak KSP Kopdit Mekar Sai," kata Ketua Pengurus KSP Kopdit Mekar Sai
Andreas Muhi Pukai, di Bandarlampung, Minggu.

Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2022 dengan tema besar Meningkatkan Peran Pemilik di Era Digital.

 Menurutnya, RAT digelar di Hotel Novotel, Lampung, pada Minggu, 26 Februari 2023, mengundang perwakilan dari unit-unit yang ada di KSP Kopdit Mekar Sai, manajemen, pengurus, pengawas, dan mitra koperasi.

Ia menjelaskan, dalam RAT ini melibatkan orang-orang muda dalam kepanitiaan. Kegiatan RAT dirangkai dengan pengundian hadiah pada Sabtu 25 Februari 2023 di Kantor KSP Kopdit Mekar Sai secara online. Kegiatan ini menjadi kegiatan rutin tahunan untuk memicu keaktifan anggota dalam produk-produk simpan pinjam.

Andreas Muhi Pukai, berharap bahwa tahun 2022 menjadi babak akhir dari masa pandemi COVID-19. 

"Banyak dampak yang muncul karena pandemi COVID-19. Kita masih melihat dampak itu muncul dalam kinerja keuangan maupun organisasi Mekar Sai. Namun kita optimis bahwa tahun 2023 ini akan menjadi tahun kebangkitan pasca pandemi walau ada prediksi akan terjadinya krisis di berbagai bidang,” ujar Andre.

Keyakinan itu terbangun dengan melihat kenyataan KSP Kopdit Mekar Sai memiliki anggota yang masih terus bertambah walau tingkat pertumbuhannya tidak setinggi tahun-tahun sebelum pandemi. Demikian juga aset yang dimiliki oleh KSP Kopdit Mekar Sai, walaupun turun tapi justru mendongkrak rasio kinerja keuangan Mekar Sai di aspek yang lain.

"Kekuatan Mekar Sai berasal dari keterlibatan para anggota yang adalah pemilik. Kami dalam kepengurusan yakin kita bisa mengatasi dampak-dampak dari pandemi ini jika semua anggota yang notabene para pemilik Mekar Sai semakin peduli terhadap gerak koperasi. Saling bersinergi untuk membangun kepercayaan, menghilangkan gap komunikasi yang tidak perlu, dan aktif terlibat dalam gerak sesuai dengan prinsip dan nilai-nilai koperasi kredit,” tandas Andre.

Salah satu yang mencuat dari KSP Kopdit Mekar Sai adalah perjalanannya menuju koperasi yang modern. Sakti.link menjadi fasilitas yang sudah hadir sejak beberapa tahun lalu.

Dikatalisasi adanya pandemi, apilikasi ini memudahkan anggota melakukan transaksi digital. Bukan hanya transaksi keuangan, aplikasi ini juga diharapkan bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan usaha-usaha milik anggota.