Rafflesia Arnoldii yang mekar di halaman warga Agam jadi tujuh

id Bunga Rafflesia di agam,Bunga langka agam,Berita agam,Berita sumbar

Rafflesia Arnoldii yang mekar di halaman warga Agam jadi tujuh

Bunga Rafflesia Arnoldii mekar sempurna. (Antara/HO-Dok Joni Hartono)

Lubukbasung (ANTARA) -
Satu individu bunga Rafflesia jenis Arnoldii kembali mekar sempurna di halaman rumah warga Batang Palupuh, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, sehingga total yang mekar menjadi tujuh individu sejak Januari sampai 4 Oktober 2022.
 
Pegiat wisata Palupuh, Joni Hartono di Lubukbasung, Selasa, mengatakan bunga Rafflesia itu mekar hari pertama di halaman depan rumah orang tuannya pada Selasa ini.
 
"Bunga Rafflesia mekar sempurna hari pertama pada Selasa ini dan sebelumnya sebagian kelopak sudah terbuka pada Senin (3/10)," katanya.
 
Ia mengatakan sudah tujuh bunga Rafflesia  yang mekar sempurna di halaman rumah orang tuannya sejak Januari sampai 4 Oktober 2022.
 
 
Sebelumnya, juga ada satu individu bunga langka dan dilindungi Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya yang mekar sempurna pada Senin (19/9).
 
"Setidaknya sudah ada 20 individu bunga Rafflesia mekar sempurna di halaman rumah orang tua saya semenjak 2009 sampai sekarang," katanya.
 
Ia menambahkan, bunga itu dikunjungi wisata domestik dan mancanegara saat mekar sempurna, karena ia menginformasikan ke pihak hotel dan travel di Sumbar maupun provinsi lainnya.
 
"Saat mekar, langsung saya informasikan ke pihak hotel dan travel," katanya.
 

 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bunga Rafflesia yang mekar di halaman warga Agam jadi tujuh