DLH Lampung Barat angkut 15 ton sampah per hari

id DLH,Lampung barat,Lampung

DLH Lampung Barat angkut 15 ton sampah per hari

Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lampung Barat Ariansyah Fikri. ANTARA/HO.

Produksi sampah di Lampung Barat per hari bisa mencapai 15 ton.
Lampung Barat (ANTARA) - Kabid Kebersihan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Kabupaten Lampung Barat Ariansyah Fikri mengatakan setiap hari pihaknya bisa mengangkut sampah di Lampung Barat sebanyak 15 ton.

"Produksi sampah di Lampung Barat per hari bisa mencapai 15 ton, karena itu kesadaran masyarakat sangat berpengaruh akan hal ini," kata Fikri, di Lampung Barat, Selasa.

Selanjutnya, dia menyatakan, banyaknya sampah yang dihasilkan per harinya tersebut tidak terlepas dari faktor kurangnya kesadaran masyarakat terkait kepedulian dengan lingkungan.

"Masih banyak masyarakat yang tidak peduli bahkan acuh terhadap kebersihan lingkungan, sehingga buang sampahnya asal-asalan," kata dia lagi.

Dia mengungkapkan, produksi sampah yang seharinya bisa mencapai 15 ton itu merupakan persoalan yang sangat serius untuk ditangani.

Karena itu, pihaknya tidak pernah bosan meminta dan mengingatkan serta mengimbau masyarakat agar bisa meningkatkan kesadaran terhadap sampah tersebut.

"Karena walaupun kita setiap hari membersihkan sampah-sampahnya, tapi kalau kesadaran masyarakatnya masih kurang ya tetap besoknya mereka buang sampah sembarangan lagi," ujar dia pula.

Selanjutnya dia menjelaskan, ada beberapa titik di Lampung Barat yang memang sangat rawan untuk menjadi tempat pembuangan sampah ilegal yang dilakukan oleh masyarakat.

"Seperti di Kecamatan Balik Bukit, Kecamatan Batu Brak, Kecamatan Belalau, dan sejumlah titik di ruas jalan provinsi," kata dia lagi.

Pihaknya sudah rutin melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait permasalahan sampah yang ada di Lampung Barat ini.

"Setiap tahun juga kami selalu rutin mengirim surat ke kecamatan untuk kemudian dilanjutkan ke tingkat pekon, agar sampah rumah tangga itu bisa dikelola dan tidak dibuang sembarangan,” ujar dia lagi.
Baca juga: Bupati imbau masyarakat untuk tidak buang sampah sembarangan
Baca juga: DLH Lampung Tengah ajak masyarakat ubah sampah rumah tangga memiliki nilai jual