Dompet Dhuafa distribusikan bantuan bagi penyintas banjir di Pakistan

id Dompet Dhuafa, Banjir Pakistan

Dompet Dhuafa distribusikan bantuan bagi penyintas banjir di Pakistan

Dompet Dhuafa distribusikan bantuan bagi ratusan penyintas banjir di Pakistan. Foto Antara/HO-Dompet Dhuafa.

Pakistan (ANTARA) - Amanah para donatur baik Indonesia yang terdistribusi hari itu, ada 50 paket bantuan berisikan beras, tepung, gula, minyak, obat nyamuk, serta kelambu. Distribusi bantuan paket sembako itu, merupakan donasi dari PT Indonesia Power PLTGU Cilegon OMU yang diamanahkan melalui Dompet Dhuafa untuk disalurkan kepada pengungsi banjir bandang Pakistan.

Melalui tim Respons Dompet Dhuafa bersama We Care Foundation mendistribusikan bantuan paket sembako kepada 420 jiwa penyintas banjir bandang Pakistan pada Senin (10/10/2022). 

Distribusi bantuan pangan untuk banjir Pakistan yang berlokasi di Desa Usma, Soorjani Protection Bund, District Sujawal, Sindh, Pakistan, merupakan daerah yang terdampak cukup parah.

“Kondisinya memang prihatin sekali. Melihat para penyintas, terutama lansia dan anak-anak kecil, mereka harus berteduh, beralaskan pasir, serta makan seadanya di bawah tenda rotan berukuran kecil,” jelas Narwan, Tim Respon DMC (Disaster Management Center) Dompet Dhuafa di Pakistan.

Narwan juga menjelaskan, bahwa wilayah Desa Usma adalah salah satu titik terparah banjir di Kota Sujawal. Para penyintas sudah sekitar 2 bulan menetap di tenda-tenda yang mereka dirikan secara mandiri, dengan kehidupan dan akses terbatas yang membuat mereka harus bertahan hidup dari bantuan donatur. Mayoritas penduduk adalah petani dan peternak.

“Sampai saat ini rumah mereka masih tergenang air,” ungkapnya lagi.

Dompet Dhuafa menjadi salah satu lembaga atau NGO yang mendapat kepercayaan oleh pemerintah untuk membantu menyalurkan bantuan ke Pakistan. Dompet Dhuafa sendiri memiliki 3  tahap penyaluran bantuan. Beberapa waktu lalu, DMC Dompet Dhuafa telah mengirimkan bantuan berupa logistik melalui kerjasama lembaga lokal di Pakistan. Selanjutnya, Dompet Dhuafa akan membangun beberapa sarana pra-sarana, seperti hunian sementara maupun tetap, masjid/mushala dan lainnya.



TENTANG DOMPET DHUAFA

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama lebih 28 tahun, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.