Menembak gelar kualifikasi pertama PON XXI/2024 Aceh-Sumut

id PON 2024,Aceh,Sumatra Utara,Menembak ,Perbakin ,Haornas ,PB Perbakin,PON,kualifikasi

Menembak gelar kualifikasi pertama PON XXI/2024 Aceh-Sumut

Deretan peserta membidik sasaran dalam Kejuaraan Menembak Tingkat Nasional Haornas 2022 yang menjadi kualifikasi pertama PON XXI/2024 di Aceh-Sumatra Utara di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Senin (26/9/2022). (ANTARA/Muhammad Ramdan)

Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Persatuan Olahraga Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia (PB Perbakin) menggelar kualifikasi pertama untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XXI/2024 di Aceh-Sumatra Utara.

Pelaksanaan kualifikasi tersebut berlangsung dalam Kejuaraan Menembak Tingkat Nasional Haornas 2022 di Lapangan Tembak, Senayan, Jakarta, yang mulai bergulir Senin hingga Minggu (2/10).

Ketua Panitia Pelaksana Purwadi Santoso mengatakan secara keseluruhan ajang tersebut diikuti 690 peserta dari 27 provinsi yang bergulir secara daring dan luring.

"Sebanyak 210 peserta dari 12 provinsi mengikuti ajang ini secara online dan di setiap lokasi ada juri yang bertugas. Sisanya bersaing di Senayan," kata Purwadi kepada pewarta di Lapangan Tembak Senayan, Senin.

Purwadi juga mengungkapkan Kejuaraan Menembak Tingkat Nasional Haornas 2022 merupakan rangkaian pertama dari delapan ajang yang menjadi kualifikasi PON 2024.

"Kualifikasi untuk PON 2024 bukan hanya sekali. Tahun ini ada tiga kali dan tahun depan rencana lima kali. Setelah itu pembagian kuota berdasarkan peringkat," ujarnya.

Secara keseluruhan cabang olahraga menembak menyediakan 270 tiket untuk 35 nomor yang dilombakan pada PON 2024.

"Setiap provinsi dapat mengirim tiga atlet dalam satu nomor. Nantinya dari kualifikasi ditetapkan Minimum Qualification Score (MQS)," kata Purwadi.