Presiden syukuri harga beras masih terkendali Rp10 ribu/kg

id inflasi,harga beras,swasembada beras,harga pangan,krisis pangan,Presiden,Joko Widodo

Presiden syukuri harga beras masih terkendali Rp10 ribu/kg

Tangkap layar Presiden Joko Widodo memberikan sambutan pada pembukaan Rakornas Pengendalian Inflasi 2022 di Istana Merdeka, yang disaksikan secara virtual, Kamis (18/8/2022) (ANTARA/Mentari Dwi Gayati)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo mensyukuri harga beras sebagai bahan pangan di Indonesia masih terkendali berkisar Rp10 ribu per kilogram, dibandingkan dengan harga beras di negara lain.

"Harga beras kita di angka rata-rata masih 10 ribuan, coba lihat di negara-negara lain kemarin saya cek di kedutaan, di Jepang Rp66 ribu, di Korsel Rp54 ribu, Amerika Rp52 ribu, di China Rp26 ribu. Ini yang harus kita pertahankan," kata Presiden Jokowi dalam sambutannya pada pembukaan Rakornas Pengendalian Inflasi 2022 di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis.

Presiden Jokowi menyampaikan patut disyukuri bahwa Indonesia masih bisa mempertahankan harga pangan di saat dunia mengalami krisis pangan akibat terhambatnya rantai pasok pangan sebagai dampak dari perang dan ketegangan geopolitik.

Bahkan, Indonesia mendapat penghargaan dari Institut Penelitian Padi Internasional (International Rice Research Institute/IRRI) atas sistem ketahanan pangan yang baik dan swasembada beras.

Presiden Jokowi meminta agar produksi beras dapat ditingkatkan, sehingga Indonesia tidak hanya swasembada, namun bisa melakukan ekspor untuk mengatasi kelangkaan pangan di sejumlah negara.

"Karena sudah mengerikan sekali, yang menyampaikan lembaga internasional, sudah 60 negara diprediksi akan ambruk ekonominya, dan 345 juta orang di 82 negara menderita kekurangan pangan akut dan kelaparan," kata Presiden.

Baca juga: Jokowi minta menteri segera kendalikan harga tiket pesawat
Baca juga: Presiden ke-6 RI SBY kenang ketangguhan bangsa Indonesia menghadapi tsunami dan gempa
Baca juga: Megawati Soekarnoputri: Keikutsertaan rakyat sangat penting saat RI tangani krisis





Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Presiden syukuri harga beras Indonesia masih terkendali Rp10 ribu/kg