Disdikbud pastikan tak ada jual beli bangku sekolah pada PPDB Metro

id Ppdb,Metro

Disdikbud pastikan tak ada jual beli bangku sekolah pada PPDB Metro

Kadisdikbud Metro, Suwandi saat diwawancarai di Kantor Pemkot Metro, Selasa (21/6). (ANTARA/Hendra Kurniawan)

Metro (ANTARA) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Metro memastikan penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk SD dan SMP di kota setempat berjalan secara transparan. 

Kepala Disdikbud Kota Metro, Suwandi mengatakan, PPDB tahun 2022 ini tetap menggunakan empat jalur yaitu zonasi, afirmasi, prestasi dan jalur perpindahan orang tua dengan melampirkan surat tugas. 

"PPDB masih tetap menggunakan empat jalur. Tapi nanti pendaftaran menggunakan aplikasi jadi orang tua bisa mendampingi anaknya mendaftar melalui aplikasi ini," kata Wandi, Selasa.

Ia menjelaskan, aplikasi tersebut akan terkoneksi dengan database Disdikbud dan langsung dipantau baik oleh dinas maupun tim pengawas pendaftaran.

Hal ini, dilakukan untuk mengantisipasi adanya jual beli bangku sekolah atau siswa titipan pada PPDB tahun 2022 ini. 

"Proses pendaftaranya memang sudah 'by sistem' ya, dan kami juga dari Disdikbud akan melakukan pengawasan. Jadi tidak ada lagi seperti jual beli bangku sekolah," paparnya. 

Diketahui, PPBD Kota Metro tingkat SD tahun ajaran 2022-2023 dijadwalkan mulai dibuka pada 21 sampai 27 Juni. Sementara untuk SMP berlangsung dari tanggal 29 Juni hingga 4 Juli 2022.
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2022