Dompet Dhuafa bersama Pemda Lumajang, jalin kolaborasi penanganan pasca erupsi Gunung Semeru

id Dompet Dhuafa, Dompet Dhuafa bersama Pemda Lumajang, jalin kolaboraksi penanganan pasca erupsi Gunung Semeru

Dompet Dhuafa bersama Pemda Lumajang, jalin kolaborasi penanganan pasca erupsi Gunung Semeru

Dompet Dhuafa bersama Pemda Lumajang, jalin kolaboraksi penanganan pasca erupsi Gunung Semeru. Foto Antara/HO-Dompet Dhuafa.

Lumajang (ANTARA) - Sebagai bentuk dukungan dan keseriusan Dompet Dhuafa terhadap penanganan para penyintas erupsi Gunung Semeru, pengurus dan jajaran direksi menyampaikan komitmen di hadapan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, atau yang akrab disebut Cak Thoriq.


Pengurus dan Direksi Dompet Dhuafa disambut hangat oleh  Bupati Lumajang Thoriqul Haq di Pendopo Arya Wiraraja, Lumajang Jumat (24/12). 

Perwakilan pengurus Dompet Dhuafa, Yayat Supriatna menyampaikan bahwa Dompet Dhuafa sejak hari pertama terjadinya luncuran Awan Panas Guguran (APG) sudah langsung turun merespon musibah yang terjadi di awal Desember ini. 

Bahkan, tahun lalu, saat terjadi erupsi gunung Semeru, Dompet Dhuafa juga turun membantu para penyintas dengan beragam programnya, baik itu di klaster kesehatan, pendidikan, sanitasi dan logistik.

Memasuki masa pemulihan, Dompet Dhuafa juga berkomitmen membantu relokasi warga di Lereng Semeru.

"Selain siap membantu pembangunan hunian sementara dan hunian tetap, kami juga siap terlibat dalam aspek pemberdayaan, ekonomi dan pendidikan para penyintas. Karena penyintas tidak hanya butuh hunian, namun juga penghasilan dan juga penghidupan yang layak." Ujar Yayat.

Mendengar paparan dan komitmen Dompet Dhuafa, Cak Thoriq merasa sangat terima kasih.

"Saya bahkan tak bisa membayangkan, kalau tidak dibantu relawan dan lembaga-lembaga kemanusiaan, mungkin saya tidak bisa secepat ini membantu warga terdampak." Kata Cak Thoriq.

"Saya berharap, relokasi warga terdampak ini menjadi percontohan perpindahan penyintas ke tempat yang lebih aman yang dijalani dengan bahagia. Selain rumah dan fasilitas umum, kami juga ingin nantinya membuat sentra peternakan kambing milik masyarakat yang akan menjadi sumber pendapatan mereka," lanjutnya.

Sementara itu, Pimpinan Dompet Dhuafa (DD) Jawa Timur, Kholid Abdillah sangat mengapresiasi langkah dan rencana relokasi yang sangat visioner itu.

"Untuk mendukung relokasi dan sektor ekonomi, DD Jatim siap mendukung  dan kolaborasi, khususnya di bidang peternakan kambing karena DD mempunyai pengalaman dalam mengelola peternakan skala besar yang bernama DD Farm. Dengan konsep integrated farming, semoga para penyintas semakin cepat pulih ekonominya dan kembali seperti sediakala sebelum relokasi."

Di penghujung pertemuan, perwakilan direksi DD, Ahmad Shonhaji memaparkan tentang konsep filantropreneur untuk para penyintas. 

"Konsep folantropreneur yang digagas oleh pembina DD ini membantu para penyintas agar program ekonomi dan pemulihan berjalan suistanable, tidak hanya saat awal saja," katanya.

Silaturahmi DD dengan Bupati Lumajang diakhiri dengan foto bersama dan penyerahan cinderamata.
 
Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 28 tahun, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.(INF)