Pemkab Pesibar hadiri rakor evaluasi penyerapan anggaran daerah tahun 2021

id lampung, pesibar, pesisir barat

Pemkab Pesibar hadiri rakor evaluasi penyerapan anggaran daerah tahun 2021

Pemkab Pesibar hadiri rakor evaluasi penyerapan anggaran daerah tahun 2021 (ANTARA/HO-Pemkab Pesisir Barat)

Bandarlampung (ANTARA) - Plt Inspektur Kabupaten Pesisir Barat Henri Dunan, menghadiri rapat koordinator evaluasi penyerapan anggaran daerah tahun 2021, kegiatan tersebut dilakukan secara virtual  dari OR Wabub Kantor Kecamatan Pesisir Tengah.

Rakor dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati hadir secara virtual.

Dalam rakor tersebut, Tito Karnavian mengatakan di situasi pandemi, pihaknya memahami bahwa Pemerintah Daerah mengalami kontraksi pendapatan sehingga tidak sesuai dengan praktek. Tito Karnavian menyampaikan Realisasi pendapatan Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia Tahun 2021 ini mengalami penurunan.

“Kalau kita melihat realisasi pendapatan, ini gabungan dari Pusat, transfer maupun dari PAD, terjadi penurunan konsentrasinya. Di Tahun 2020, untuk pendapatan berada diatas 85,86 persen per 30 November 2020, kemudian data kita per tanggal 19 November 2021, pendapatan gabungan Provinsi dan Kabupaten/Kota sebesar 79,19 persen, jadi menurun secara persentase”, ungkap Tito.