Polisi edukasi pemotor di Pesibar tingkatkan kesadaran berlalu lintas

id Pesisir Barat ,Polres Pesibar ,Operasi Zebra Krakatau

Polisi edukasi pemotor di Pesibar tingkatkan kesadaran berlalu lintas

Personel Sat Lantas Polres Pesisir Barat saat memberikan brosur dan mengedukasi pengguna jalan tentang tertib berlalulintas (ANTARA/HO/Humas Polres Pesisir Barat)

Kami berharap melalui pembagian brosur dan edukasi ini, masyarakat dapat lebih memahami aturan-aturan lalu lintas dan bisa lebih disiplin dalam berkendara

Pesisir Barat (ANTARA) - Satuan Lalu Lintas Polres Pesisir Barat (Pesibar), Polda Lampung mengedukasi pengendara sepeda motor yang melintas di Jalan lintas Barat Lampung-Bengkulu melalui pembagian brosur untuk meningkatkan kesadaran mengenai aturan dalam berlalu lintas.

"Kami berharap melalui pembagian brosur dan edukasi ini, masyarakat dapat lebih memahami aturan-aturan lalu lintas dan bisa lebih disiplin dalam berkendara," kata Kapolres Pesisir Barat, AKBP Alsyahendra, saat dihubungi dari Lampung Selatan, Selasa.

Ia mengatakan edukasi dan pembagian brosur tersebut dalam rangka pelaksanaan Operasi Zebra Krakatau 2024, yang berlangsung mulai dari 14 hingga 27 Oktober tahun 2024, untuk meningkatkan kesadaran tertib berlalu lintas di wilayah hukum Pesisir Barat.

"Operasi ini bukan hanya sekadar penindakan, tapi juga upaya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar angka kecelakaan lalu lintas bisa ditekan," katanya.

Menurut dia, brosur yang dibagikan berisi informasi penting terkait sembilan prioritas pelanggaran lalu lintas yang sering dilanggar, seperti penggunaan helm, penggunaan sabuk pengaman, serta larangan menggunakan ponsel saat berkendara.

Selain itu, masyarakat juga diingatkan tentang pentingnya memiliki surat kendaraan yang lengkap dan memperpanjang masa berlaku SIM.

Operasi Zebra Krakatau merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahun oleh kepolisian di seluruh Indonesia untuk meningkatkan keselamatan dan ketertiban lalu lintas.

"Di Pesisir Barat, tim gabungan dari Satuan Lalu Lintas Polres dan dinas terkait dikerahkan untuk melakukan razia di titik-titik strategis. Pelanggaran yang terjaring akan dikenakan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku," ujarnya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat Kabupaten Pesisir Barat semakin sadar akan pentingnya keselamatan berkendara dan dapat berperan aktif dalam menciptakan kondisi lalu lintas yang aman dan tertib.

Baca juga: Polres Pesibar tingkatkan pengamanan gudang logistik KPU dan Bawaslu

Baca juga: Polres Pesisir Barat menggelar sosialisasi cegah aksi kenakalan remaja

Baca juga: KPU Pesibar minta warga cek DPT secara online maupun tatap muka