Pemkab Pesisir Barat lakukan sosialisasi aktualisasi Kartu Petani Berjaya

id lampung, pesisir barat, pesibar

Pemkab Pesisir Barat lakukan sosialisasi aktualisasi Kartu Petani Berjaya

Pemkab Pesisir Barat lakukan sosialisasi aktualisasi kartu petani berjaya (ANTARA/HO-Pemkab Pesisir Barat)

Pemerintah berupaya mendorong peningkatan akses pada sumber pembiayaan dengan program Kartu Petani Berjaya. Dengan harapan dapat mengoptimalkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) sektor pertanian

Bandarlampung (ANTARA) - Staf Ahli Bidang Pemerintahan Pemkab Pesisir Barat Hapzi  melakukan sosialisasi aktualiasi Kartu Petani Berjaya di Pesisir Barat dilaksanakan di Aula Lamban Apung, Senin (22/11/ 21).

Ketua Pelaksana Kepala Bagian Perekonomian Ariswandi, mengatakan, tujuan kegiatan sosialisasi memberikan pemahaman kepada masyarakat, khususnya para petani dan penyuluh pertanian tentang tujuan dan manfaat Kartu Petani Berjaya dan meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat Kabupaten Pesisir Barat.

Selanjutnya, Ariswandi mengatakan untuk mengoptimalkan penyaluran KUR sektor pertanian di Kabupaten Pesisir Barat agar produksi pertanian dapat semakin meningkat.

“Kegiatan ini diikuti oleh 150 orang peserta yang terdiri dari petani, kelompok tani dan penyuluh pertanian dari 11 kecamatan yang ada di Pesisir Barat,” kata Ariswandi.

Baca juga: Wakil Bupati Pesisir Barat hadiri tabligh akbar "Amazing Qur'an"

Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hapzi menyampaikan program Kartu Petani Berjaya (KPB) merupakan program unggulan Provinsi Lampung dalam rangka menghubungkan semua kepentingan pertanian dengan tujuan mencapai kesejahteraan petani dan semua pihak yang terlibat dalam proses pertanian secara bersama-sama, sehingga terjadi peningkatan perekonomian masyarakat.

Pemerintah berupaya mendorong peningkatan akses pada sumber pembiayaan dengan program Kartu Petani Berjaya. Dengan harapan dapat mengoptimalkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) sektor pertanian.

Agar kiranya kredit usaha rakyat sektor pertanian ini dapat memberikan manfaat nyata bagi para petani dalam meningkatkan hasil pertanian, sehingga dapat dirasakan secara langsung untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta pengembangan perekonomian masyarakat di Pesisir Barat.

Baca juga: Wakil Bupati Pesisir Barat hadiri pelantikan DPC Gradasi

Melalui kegiatan sosialisasi ini juga peserta yang berasal dari petani, kelompok tani dan penyuluh pertanian akan diberikan pengetahuan dan pemahaman tentang Kartu Petani Berjaya.

Hapzi, meminta kepada lembaga perbankan agar memudahkan persyaratan dan proses penyaluran KUR sektor pertanian kepada para petani yang membutuhkan modal tambahan agar dapat tepat guna dan tepat sasaran.

Ia juga berpesan kepada peserta sosialisasi agar kiranya dapat menyimak secara seksama materi yang akan disampaikan oleh para narasumber.

“Kepada para narasumber juga saya mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik, dan kepada para peserta diminta keseriusannya dalam mengikuti sosialisasi ini,” ujar Hapzi.

Pewarta :
Editor : Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021