Restrukturisasi Korps Brimob didukung markas komando baru di tiga wilayah

id Resktrukturisasi Brimob, mabes polri, korps brimob, kabagpenum divisi humas polri

Restrukturisasi Korps Brimob didukung markas komando baru di tiga wilayah

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Kombes Pol. Ahmad Ramadhan, Senin (15/11/2021). ANTARA/Laily Rahmawaty

Masing-masing danpas duduk dengan jabatan berpangkat brigadir jenderal, kata Ramadhan

Jakarta (ANTARA) - Restrukturisasi atau pengembangan organisasi Korps Brimob yang tengah dilakukan Polri akan didukung dengan keberadaan Markas Komando (Mako) Brimob baru di tiga wilayah.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Kombes Pol. Ahmad Ramadhan menyebutkan ada tiga danpas Brimob, yakni Danpas I wilayah Indonesia barat, Danpas II wilayah Indonesia tengah, dan Danpas III wilayah Indonesia timur.

"Tentunya nanti Polri akan menyiapkan dari segi manajemen mulai dari 4M, yakni mulai dari man SDM-nya, money anggarannya, material logistiknya, dan metodenya. Itu otomatis akan diikuti (mako baru, red.). Kami akan ikuti dan tentunya akan berkembang," kata Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta, Senin.

Ramadhan menjelaskan restrukturisasi Korps Brimob ini akan dipimpin oleh Dankopbrimob dengan pangkat jenderal bintang tiga (komjen polisi), Wadankorpsbrimob dipimpin jenderal bintang dua (irjen polisi).

Di bawah Dankorpsbrimob, akan ada delapan jabatan yang masing-masing dipimpin oleh jenderal bintang satu (brigjen polisi). Delapan jabatan tersebut terdiri atas dua jabatan kepala biro dan enam danpas.

Kedelapan jabatan yang dimaksud adalah Karobinops, Karorenmin, Danpas Pelopor, Danpas Gegana, Danpas Brimob I, II, dan III, serta Danpasbrinob IKN.

"Masing-masing danpas duduk dengan jabatan berpangkat brigadir jenderal," kata Ramadhan.

Menurut Ramadhan, pengembangan organisasi Korps Brimob ini dalam upaya meningkatkan pelayanan terkait dengan tugas pokok Polri. Hal ini mengingat tantangan tugas yang dihadapi Polri sesuai dengan tugas pokoknya melindungi, melayani, dan mengayomi masyarakat.

"Kami melihat ada Brimob Nusantara sehingga ketika ada diperlukan apakah itu pengamanan suatu objek, kami akan mengirim sehingga dengan adanya Danpas I, II, III, dan komandonya itu lebih memudahkan pergerakan pergeseran pasukan dari satu titik ke titik lain," kata Ramadhan menjelaskan.