Itera : Program BI Mengajar selaras dengan MKBKM

id Itera,BI,BI mengajar,Mahasiswa,Kampus Itera

Itera : Program BI Mengajar selaras dengan MKBKM

Kepala Biro Umum dan Akademik, drh. Sri Sulistiawati, M.M. Institut Teknologi Sumatra (Itera) (kiri), dan Kepala Perwakilan Wilayah Lampung Budiharto Setyawan saat membuka program BI Mengajar secara daring. Jumat, (13/8/2021) (ANTARA/Ho-Humas Itera)

Dengan program ini tentunya mahasiswa dapat menambah pengetahuan di luar bidang yang selama ini dipelajari di kampus, guna meningkatkan pengetahuan dan skill yang dimiliki, kata dia

Bandarlampung (ANTARA) - Kepala Biro Umum dan Akademik Institut Teknologi Sumatera (Itera) drh. Sri Sulistiawati, mengatakan program Bank Indonesia (BI) Mengajar sangat selaras dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dilaksanakan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

"Tentunya kami akan mendukung penuh program BI Mengajar karena mereka telah memilih Itera sebagai kampus penyelenggara," kata Sri Sulistiawati, dalam keterangan yang diterima, di Bandarlampung, Jumat. 

Ia mengatakan Program BI Mengajar kali ini diselenggarakan sebagai bagian dari peringatan Hari Uang Tahun ke-68 BI, dan HUT ke-76 RI, serta dalam upaya meningkatkan literasi tentang perekonomian dan perbankan bagi mahasiswa Indonesia.

Baca juga: ITERA-Tanggamus sepakati kolaborasi program

"Dengan program ini tentunya mahasiswa dapat menambah pengetahuan di luar bidang yang selama ini dipelajari di kampus, guna meningkatkan pengetahuan dan skill yang dimiliki," kata dia.

Sri juga berterima kasih sebab selama ini dedikasi BI untuk dunia pendidikan sangat nyata, termasuk bagi Itera seperti program pemberian beasiswa bagi mahasiswa di seluruh Indonesia termasuk Itera merupakan salah satu kontribusi nyata.

“Beasiswa tersebut merupakan dukungan nyata bagi dunia pendidikan, sehingga mahasiswa yang mempunyai keinginan kuat untuk menempuh pendidikan namun mengalami kendala keuangan dapat dibantu dengan beasiswa oleh BI,” kata dia.

Baca juga: Tim mahasiswa Itera raih Juara III kompetisi film animasi Kemenag

Kepala Perwakilan BI Wilayah Lampung Budiharto Setyawan, menyebut program BI Mengajar merupakan bagian dari dukungan skenario Indonesia Emas 2045 yang dicanangkan pemerintah, dimana satu dari pilar Indonesia Emas tersebut adalah pembangunan manusia dan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).

“Untuk itu kami menggagas program BI Mengajar, yang dilaksanakan oleh seluruh kantor perwakilan dan Kantor Pusat BI  termasuk di Indonesia di luar negeri dengan mengusung tema memperkuat sinergi, inovasi, dan inklusivitas, meningkatkan kontribusi bagi perekonomian nasional," katanya.

Menurutnya, Program BI Mengajar menjadi bentuk dukungan nyata dalam meningkatkan listerasi ekonomi dan ke banksentralan dengan pembelajaran interaktif yang melibatkan mahasiswa di Indonesia. 

Baca juga: Dosen ITERA edukasi warga kawasan Krakatau tentang bencana dan potensi wisata

Dengan demikian, lanjut dia, masyarakat, khususnya peserta BI Mengajar dapat mengetahui seputar kebijakan ekonomi, dan perbankan di era digital, dan kontribusi BI selama ini untuk bangsa Indonesia.

“Di bidang pendidikan BI juga tergabung dengan program MBKM, kami akan menerima mahasiswa dari perguruan tinggi untuk menjalankan magang selama satu semester,” katanya.

Ia menjelaskan tugas BI adalah menjaga stabilitas moneter, stabilitas sistem keuangan dan sistem pembayaran untuk menunjang pertumbuhan ekonomi yang sehat, berkesinambungan dan inklusif dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.