Wakil Bupati Pringsewu ajak penyintas COVID-19 bersedekah plasma konvalesen

id lampung, pringsewu

Wakil Bupati Pringsewu ajak penyintas COVID-19 bersedekah plasma konvalesen

Wakil Bupati Pringsewu Fauzi (Antaralampung/Doc Pemkab Pringsewu)

Plasma konvalesen adalah plasma darah yang diambil dari pasien COVID-19 yang telah sembuh, kemudian diproses agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang terpapar virus tersebut

Bandarlampung (ANTARA) - Wakil Bupati Pringsewu Fauzi, mengajak aparatur sipil negara (ASN) dan instansi vertikal serta masyarakat Kabupaten Pringsewu, khususnya mereka yang pernah terpapar atau para penyintas COVID-19 untuk bersedia mendonorkan plasma konvalesen melalui PMI Provinsi Lampung.

Webinar bertema "Donor Plasma Konvalesen Di tengah Pandemi COVID-19" dengan dipandu oleh Berta Niken, diikuti para peserta dari seluruh Indonesia, menghadirkan narasumber di antaranya dr. Aditya, M.Biomed dari Unit Donor Darah Pembina PMI Provinsi Lampung, Wakil Ketua PMI Provinsi Lampung Rudi Syawal Sugiarto, SE, MM, dan Duta Donor Darah Provinsi Lampung Hardyanto Luke Silalahi.

Fauzi mengatakan bahwa mereka yang dapat berdonor plasma konvalesen adalah orang yang sehat, setelah dilakukan berbagai screening. Dengan demikian, mereka yang akan mendonorkan plasma konvalesen ini sekaligus untuk memeriksakan kondisi kesehatannya.

Baca juga: Satgas COVID-19 Pesisir Barat edukasi perilaku hidup sehat dan aman dari COVID-19

Ia berharap donor plasma konvalesen ini juga akan diikuti kabupaten dan kota maupun instansi atau organisasi lainnya.

“Mari kita bersedekah darah, dan tetap bersemangat untuk berbuat membantu sesama,” tutupnya.

Plasma konvalesen adalah plasma darah yang diambil dari pasien COVID-19 yang telah sembuh, kemudian diproses agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang terpapar virus tersebut.

Baca juga: WakilBupati Pesisir Barat ajak masyarakat jaga kebersihan pantai

Melalui donor plasma konvalesen dari penyintas COVID-19 adalah bahwa mereka yang pernah terpapar virus tersebut dan telah dinyatakan sembuh, diharapkan sudah membentuk antibodi, sehingga plasma penyintas COVID-19 ini dapat diberikan kepada orang lain yang sedang menghadapi infeksi COVID-19 guna membantu melawan infeksi yang sedang berlangsung.

Dengan demikian, plasma konvalesen akan membuat anti bodi tubuh pasien yang masih sakit dapat segera sembuh dari COVID -19.

Pewarta :
Editor : Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021