SMK asal Bangka menangi kompetisi video "AXIS Serunya Budayaku"

id xl axiata, axis serunya budayaku, smk asal bangka

SMK asal Bangka menangi kompetisi video "AXIS Serunya Budayaku"

SMK asal Bangka menangi kompetisi video "AXIS Serunya Budayaku"  (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - SMK Negeri 1 Sungailiat, Bangka Belitung, berhasil memenangi kompetisi video “AXIS Serunya Budayaku” dan meraih hadiah utama senilai Rp 50 juta. 



"Mengusung video bertemakan warisan budaya masyarakat Bangka dengan menampilkan salah satu tarian tradisional setempat, video karya pelajar SMK tersebut mampu menjadi salah satu yang terbaik di antara total 526 karya video dari 250 sekolah yang mengikuti kompetisi ini," kata Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi, dalam keterangannya yang diterima di Bandarlampung,  Sabtu.  



Pihaknya sangat senang melihat besarnya antusiasme para peserta dalam kompetisi ini dan salah satu SMK di Bangka Belitung terpilih menjadi yang terbaik. 



Menurutnya, hampir semuanya kreatif dan menunjukkan betapa mereka mampu memanfaatkan sarana teknologi digital untuk membuat konten-konten yang positif. 



"Hal ini pula yang menjadi tujuan XL Axiata melalui AXIS menyelenggarakan program kompetisi ini untuk memberikan kesempatan kepada mereka mengasah potensi bakat dan kreatifitas guna mengangkat budaya dan kearifan lokal tempat mereka berada sebagai aset wisata," ujarnya. 



Mulai diselenggarakan sejak September - November 2019 lalu, terpilih empat karya video terbaik sebagai juara utama dan 20 karya video favorit. 



 



Selain SMK Negeri 1 Sungailiat, tiga sekolah yang juga terpilih sebagai juara utama adalah SMK Negeri 1 Klaten, dengan karya berjudul Respatining Klaten (https://www.youtube.com/watch?v=65z-jHpG6iI), SMK Muhammadiyah 1 Kota Sukabumi, Jawa Barat, berjudul Pencak Silat dan Seni Musik Sunda (https://www.youtube.com/watch?v=CMqE32WicV4).



 



SMK TI Bali Global, berjudul Budaya Tolong Menolong (https://www.youtube.com/watch?v=t8lmhqnMYI4). Sementara itu, karya pelajar SMK Negeri 1 Sungailiat, Bangka Belitung, berjudul Warisan – Tari Sambut yang bisa disaksikan di  (https://www.youtube.com/watch?v=JHjiXIaNspk ).



 



Sekolah-sekolah yang mengirimkan karyanya ke kompetisi video “AXIS Serunya Budayaku” ini berasal dari hampir semua provinsi di Indonesia. Dari Sumatera ada sekolah-sekolah di Medan, Pekanbaru, Palembang, Padang, Bandar Lampung. Juga dari Jabodetabek, Bandung, Indramayu, Semarang, hingga Yogyakarta. Selain itu banyak juga kiriman karya dari Surabaya, Jember, Denpasar, Mataram, juga Makassar. Sebaran asal daerah peserta sekaligus mencerminkan kekuatan kualitas jaringan data AXIS dan XL Axiata.



 



 

Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar