Bupati: Pemerintah Kabupaten Lampung Timur lindungi orang Papua

id Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, Lamtim, Festival Budaya,Lampung.Antaranews.com

Bupati Lampung Timur Zaiful Bukhari (tengah) menyapa warganya saat mengikuti pawai kebudayaan dalam Festival Kebangsaan yang diikuti sembilan etnis / suku bangsa yang tinggal di daerahnya. Festival digelar di Kota Sukadana, Lampung Timur, Minggu (25/8) foto Antaralampung/Muklasin

Lampung Timur (ANTARA) - Bupati Lampung Timur Zaiful Bukhari mengatakan bahwa pemkab setempat bersama  TNI, Polri dan elemen masyarakat akan melindungi dan menjamin keamanan semua etnis, termasuk orang Papua yang tinggal di Lampung Timur.

"Kita beri jaminan keamanan dan ketenteraman kepada saudara-saudara kita yang dari Papua yang tinggal di Lampung Timur," kata Zaiful Bukhari kepada wartawan usai mengikuti Festival Kebangsaan di Kota Sukadana, Lampung Timur, Minggu (25/8).

Zaiful Bukhari menyebutkan di daerahnya ditinggali etnis dari berbagai daerah, termasuk dari Papua.

"Di Lampung Timur ada juga orang Papua," jelasnya.

Menurut Zaiful Bukhari, digagas  festival kebangsaan oleh pemerintah daerah setempat karena Lampung Timur ditinggali berbagai etnis, sehingga  perlu dirajut kerukunan.
 
"Kita melaksanakan festival kebangsaan dan deklarasi kebangsaan diikuti berbagai unsur etnis, ini kesepakatan bersama bahwa kita ini saudara dan keluarga yang tidak bisa dipisahkan oleh siapa pun," ujarnya.

Mantan Wakil Bupati Lampung Timur menyatakan kerukunan antaretnis di daerahnya sejauh ini berlangsung baik.

"Semoga ke depan kerukunan ini semakin baik dan semoga berkat dukungan media, di Lampung Timur semakin damai," tambahnya.

Pemerintah Kabupaten Lampung Timur menggelar festival kebangsaan  diikuti sembilan etnis / suku bangsa, di antaranya Lampung, Bugis, Batak, Bali, Minang, Palembang Sunda,Jawa, Banten. 

Mereka berkumpul bersama dalam gelaran festival kebangsaan dan mendeklarasikan siap menjaga kerukunan, persatuan dan kesatuan bersama unsur Forum Komunikasi Pemerintah Daerah Lampung Timur.
Baca juga: Sembilan etnis di Lampung Timur deklarasi kebangsaan
 
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar