BKKBN dirikan kampung KB di "Ujung" Indonesia

id bkkbn gelar duta genre, logo bkkbn, kepala bkkbn, surya chandra surapaty

BKKBN dirikan kampung KB di "Ujung" Indonesia

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Surya Chandra Surapaty (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

...Mustika Jaya merupakan Kampung KB pertama pada tingkat kabupaten/kota di Indonesia, kata Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mendirikan Kampung Keluarga Berencana (KB) Mustika Jaya di "ujung" Indonesia yang berada di Kota Sabang Aceh.

"Mustika Jaya merupakan Kampung KB pertama pada tingkat kabupaten/kota di Indonesia," kata Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Surya Chandra Surapaty melalui keterangan tertulis di Jakarta Minggu.

Surya menyebutkan Kampung KB Mustika Jaya tepatnya berada di Gampong Krueng Raya Kecamatan Sukakarya Sabang Provinsi Aceh.

Ia mengatakan pihaknya menginstruksikan evaluasi berkala dan mengoptimalkan program KB, serta pembinaan keluarga di Gampong Krueng Raya.

BKKBN juga menggulirkan program "Rumah Sehat" yang menekankan sebagai tempat bagi keluarga mengembangkan pembinaan keluarga balita, keluarga remaja, dan keluarga lanjut usia guna menjalankan delapan fungsi keluarga.

Lebih lanjut, Surya menyatakan program Kampung KB dan Rumah Sehat itu bertujuan menciptakan keluarga sejahtera, kampanye pembinaan anak dan membentuk orang tua "hebat" pada 1.000 kehidupan pertama.

Sasaran lainnya berkaitan dengan pengendalian populasi penduduk dari aspek kuantitas dan peningkatan kualitas Program Kampung KB juga memiliki tiga agenda pembangunan pemerintah yaitu membangun Indonesia di pinggiran, meningkatkan kualitas hidup dan revolusi karakter bangsa.

Surya menjelaskan program itu untuk jangka panjang dengan harapan kualitas karakter dan kompetensi sumber daya manusia di Indonesia meningkat sesuai Nawacita yang digulirkan Pemerintah Joko Widodo-Jusuf Kalla pada 2020 hingga 2030.

Tercatat jumlah penduduk Gampong Krueng Raya mencapai 1.795 jiwa terdiri dari 855 pria dan 940 wanita yang menyebar pada lima Rukun Warga (RW) dengan mata pencaharian utama nelayan, petani dan pedagang.

Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar