Menurut Walhi, Visi-Misi Jokowi Baca Akar Masalah Lingkungan

id Menurut Walhi, Visi-Misi Jokowi Baca Akar Masalah Lingkungan

Jakarta (ANTARA LAMPUNG) - Kepala Bidang Kajian dan Pengembangan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), Khalisah Khalid berpendapat visi-misi pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Jokowi-JK mampu membaca akar masalah soal lingkungan hidup dibandingkan Prabowo-Hatta.


"Kalau menurut kami, visi dan misi Jokowi-JK memang lebih komprehensif dan mampu membaca akar masalah soal lingkungan hidup," ujar Khalisah Khalid di Kantor Indonesia Corruption Watch (ICW), Jakarta, Senin (26/5).


Menurut dia, visi misi Prabowo-Hatta memang memperhatikan soal isu lingkungan namun tidak dijelaskan secara detail dan masih harus ada penajaman atas hal itu.


"Memang masih harus ada penajaman. Karena menurut kami masih mengawang-ngawang," tukasnya.


Selain itu, lanjutnya, sangat penting sebenarnya peradilan lingkungan itu dibentuk. Pengelolaan lingkungan itu juga harus menjadi perhatian. Itu yang secara detail dimuat dalam visi misi Jokowi-JK.


Dia menegaskan bahwa selama ini kita tahu, penjahat lingkungan itu tidak punya kekuatan apa-apa.


Jadi secara kewenangan ini, bukan hanya di level nasional, tapi juga di level daerah kebetulan visi dan misinya Jokowi-JK juga ada soal desentralisasi.


"Nah itu dalam penilaian kami, secara general visi-misi Jokowi-JK lebih komprehensif dan mendekati apa yang kami harapkan. Di Prabowo-Hatta ada menyebutkan soal lingkungan, karena dia dalam dokumennya juga menyebutkan sangat singkat ya," ujar dia.

Pewarta :
Editor :
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar