Karena Foto Bugil Teman Khedira, Wartawan Ditahan

id sepak bola

Tunisia (ANTARA/AFP) - Para wartawan berang setelah Pemerintah Tunisia, Jumat, menahan editor koran yang menyiarkan foto pemain Real Madrid Sami Khedira sedang memeluk teman wanitanya yang sedang bugil. 
  
Tiga wartawan koran Etounsia ditahan Rabu karena perbuatan tidak senonoh itu dan diselidiki pihak berwenang. Editor koran itu, Nasreddine Ben Saida, masih ditahan. 
  
Gambar dI media itu, aslinya disiarkan di edisi Jerman, GQ,  memperlihatkan pemain sepak bola kelahiran Jerman-Tunisia Sami Khedira, merangkul temannya model Lena Gercke, yang menutup payudaranya dengan tangannya. 
 
Penahanan itu merupakan tindakan "politis dan bertujuan menekan kebebasan pers dan jurnalis", demikian pernyataan bersama dari beberapa wartawan dan organisasi mereka. 
  
Organisasi wartawan itu menyatakan, keputusan untuk menahan Saida merupakan kejutan dan itu untuk yang pertama kali dilakukan sejak negara tersebut bebas dari Prancis. 
  
Menurut pernyataan itu, penahanan tersebut ilegal dan meminta agar editor itu segera dibebaskan. 
  
Menteri Kehakiman Nourredine Bhiri membela penahan itu dan mengimbau media agar "menghentikan tindak melanggar hukum dalam usaha mewujudkan keinginan mereka". 
  
"Tidak ada yang kebal atas hukum di Tunusia, yang menjadi negara  sejati sejak revolusi 14 Januari," kata Menteri.