Fakultas Ekonomi dan Bisnis IIB Darmajaya dorong pembelajaran inovatif

id lampung, darmajaya, kampus, universitas, perguruan tinggi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis IIB Darmajaya dorong pembelajaran inovatif

Fakultas Ekonomi dan Bisnis IIB Darmajaya dorong pembelajaran inovatif melalui PBL dan CBL (ANTARA/HO-Darmajaya)

Penerapan ini sudah dilakukan oleh perguruan tinggi di luar negeri dengan memberikan case kepada mahasiswa untuk diselesaikan

Bandarlampung (ANTARA) - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar workshop metode pembelajaran inovatif melalui Project Based Learning (PBL) dan Case Based Learning (CBL) di lantai 2 Gedung Pascasarjana pada Jumat,.

Workshop menghadirkan dua narasumber yakni Prof. Rindu Rika Gamayuni dan Dr. Nova Mardiana, serta moderator Dr. Novita Sari.

Dalam sambutannya, Rektor IIB Darmajaya, RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., Ph.D mengatakan kedua metode pembelajaran inovatif tersebut bukan hal yang baru dalam dunia pendidikan.

"Penerapan ini sudah dilakukan oleh perguruan tinggi di luar negeri dengan memberikan case kepada mahasiswa untuk diselesaikan. Dimana dosen menjadi seorang fasilitator," ungkap dia seperti dikutip dari https://darmajaya.ac.id.

Metode PBL, lanjut dia, membuat mahasiswa melakukan eksplorasi dengan mensintesis untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar. "Setiap perguruan tinggi saat ini juga mengincar akreditasi internasional melalui proses pembelajaran PBL dan CBL ini," ujarnya.

RZ Abdul Aziz juga berpesan agar para pendidik/dosen tidak lagi menerapkan metode pekuliahan mimbar. "Mudah-mudahan workshop ini banyak mendapatkan insight dalam memberikan perkuliahan yang semakin menarik kepada mahasiswa,” tuturnya.

Sementara, Dr. Nova Mardiana mengatakan penerapan pembelajaran di Harvard University telah menyiapkan lulusan yang siap menjawab tantangan dunia usaha dan dunia industri. "Setiap kuliah itu ada penelitian dan pengabdian dan telah lama diterapkan di Harvard," ungkapnya.

Ia pun mengharapkan mahasiswa dengan pembelajaran kuliah PBL dan CBL akan menjadi lulusan siap kerja.

"Jadi mempersiapkan mahasiswa untuk memberikan proyek dan case dalam setiap mata kuliah dengan berkelompok ataupun mandiri,” tuturnya.

Sementara, Prof. Rindu Rika Gamayuni, menyakini metode PBL dan CBL dapat membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan pada dunia usaha dan dunia industri agar lulusan terserap dengan baik di dunia kerja.

Workshop diikuti seluruh dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) IIB Darmajaya. Hadir juga dalam pembukaan Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Sutedi, S.Kom., M.T.I., Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Aswin, S.E., M.M., Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Anik Irawati, S.E., M.Sc.

Untuk pendaftaran mahasiswa baru dapat langsung mengunjungi laman pmb.darmajaya.ac.id. Atau dapat langsung menghubungi narahubung selama 24 jam 08117972244 atau 082306097566.

Berita kerja sama