Selama Juli 2024, Bulog Lampung salurkan 20 ton beras melalui Gerakan Pangan Murah

id Bulog lampung, gerakan pangan murah, GPM lampung, perdagangan lampung, ekonomi lampung

Selama Juli 2024, Bulog Lampung salurkan 20 ton beras melalui Gerakan Pangan Murah

Ilustrasi- Tumpukan beras milik Bulog di Gudang Beras Bulog Lampung di Campang Raya. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Kalau program SPHP penyaluran beras ke toko, kalau Gerakan Pangan Murah ini penjualan langsung ke masyarakat, ucap dia
Bandarlampung (ANTARA) - Pimpinan Perum Bulog Kantor Wilayah (Kanwil) Lampung Nurman Susilo mengatakan pada Juli 2024 pihaknya telah menyalurkan 20 ton beras di Kota Metro dan Kabupaten Lampung Selatan dalam pelaksanaan program Gerakan Pangan Murah.
 
"Program Gerakan Pangan Murah baru saja dilaksanakan di Juli kemarin, tepatnya di Kota Metro dan Kabupaten Lampung Selatan. Dalam sekali kegiatan kami membawa satu truk dengan kapasitas muatan beras sebanyak 4-10 ton, serta biasanya beras langsung habis 10 ton di satu kabupaten," ujar Nurman Susilo di Bandarlampung, Rabu.
 
Ia mengatakan, setelah dua daerah tersebut penyaluran beras kepada masyarakat melalui kegiatan Gerakan Pangan Murah itu akan terus berlanjut ke 13 kabupaten dan satu kota lainnya di Provinsi Lampung.
 
"Sebanyak 20 ton di dua daerah sudah tersalurkan ke masyarakat, tapi tergantung dengan permintaan juga. Bila ada daerah yang meminta jumlahnya lebih banyak dari kemarin, kami akan memperbanyak. Sebab Badan Pangan Nasional meminta untuk memperbanyak program Gerakan Pangan Murah," katanya.
 
Dia menjelaskan kegiatan penyaluran beras kepada masyarakat melalui program Gerakan Pangan Murah itu dilakukan dengan bekerjasama bersama dinas terkait di 15 kabupaten dan kota di Provinsi Lampung.
 
"Kalau program SPHP penyaluran beras ke toko, kalau Gerakan Pangan Murah ini penjualan langsung ke masyarakat. Untuk target gerakan pangan murah sesuai dengan permintaan dan kami siap memfasilitasi berapa pun jumlahnya," ucap dia.
 
Menurut dia, dengan adanya kegiatan penyaluran beras melalui program Gerakan Pangan Murah tersebut diharapkan bisa menjaga ketersediaan beras di masyarakat guna menjaga stabilitas harga beras di pasaran.
 
Diketahui Badan Pangan Nasional (Bapanas) telah melakukan kegiatan Gerakan Pangan Murah sebanyak 6.116 kali di 37 provinsi dan 477 kabupaten dan kota di Indonesia hingga awal Agustus 2024 ini, sebagai bentuk stabilisasi harga serta pengendalian inflasi.