Dosen IIB Darmajaya manfaatkan teknologi AI dalam pengelolaan sampah

id lampung, darmajaya, kampus, perguruan tinggi

Dosen IIB Darmajaya manfaatkan teknologi AI dalam pengelolaan sampah

Dosen IIB Darmajaya ini Manfaatkan Teknologi AI dalam Pengelolaan Sampah di Kota Besar Indonesia (ANTARA/HO-Darmajaya)

Kami berharap dengan memadukan AI dan pemahaman mendalam tentang perilaku manusia, kita dapat menciptakan strategi yang lebih baik untuk menangani masalah sampah

Bandarlampung (ANTARA) - Akademisi Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya Dr. Faurani I Santi Singagerda menerbitkan penelitian berjudul “Menuju Pengelolaan Sampah yang Berkelanjutan: Peran AI dalam Mengubah Perilaku Pembuangan Sampah di Kota-Kota Besar Indonesia”.

Penelitian Dosen Prodi Manajemen ini berhasil meraih hibah dari Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbudristek RI) tahun 2024.

Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan (AI), penelitian yang lahir atas dasar kepedulian terhadap lingkungan ini, bertujuan untuk mengembangkan strategi pengelolaan sampah yang lebih efektif dan berkelanjutan.

Ia menjelaskan fokus utama dari penelitian ini adalah memahami bagaimana AI dapat mengubah perilaku masyarakat dalam membuang sampah, khususnya di kota-kota besar.

Di tengah krisis lingkungan yang semakin mendesak dan volume sampah yang terus meningkat, teknologi AI diharapkan mampu menjadi solusi penting untuk memperkuat sistem pengelolaan sampah.

Dr. Faurani menekankan, bahwa penelitian ini selain memberikan wawasan teoritis, juga memberikan solusi praktis yang bermanfaat bagi pembuat kebijakan dan pemangku kepentingan dalam mengembangkan program pengelolaan sampah yang lebih efisien dan berkelanjutan.

"Kami berharap dengan memadukan AI dan pemahaman mendalam tentang perilaku manusia, kita dapat menciptakan strategi yang lebih baik untuk menangani masalah sampah di kota-kota besar. Ini adalah langkah penting menuju masa depan yang lebih bersih dan berkelanjutan," ujar dia seperti dikutip dari laman Darmajaya.

Sebelumnya, Dr. Faurani telah terlibat dalam beberapa proyek penelitian lain yang juga mendapatkan pengakuan dan pendanaan. Penelitian tersebut berjudul Perancangan Model Holistik Manajemen dalam Tata Kelola Perguruan Tinggi Swasta (PTS) telah didanai oleh DRTPM pada tahun 2021-2022.

Dr. Faurani juga merupakan inisiator utama dalam proyek bertajuk Masterplan Smart Village Provinsi Lampung tahun 2021. Proyek tersebut mendapatkan hibah dari Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Lampung.

Dosen dengan Jabatan Akademik Lektor Kepala ini juga dikenal sebagai penulis yang produktif dengan sejumlah publikasi di jurnal-jurnal internasional bereputasi tinggi, termasuk dalam kategori Q1, Q2, dan Q3.

Karya-karyanya telah memberikan kontribusi signifikan terhadap bidang manajemen, green economy (ekonomi hijau), dan sustainability (keberlanjutan).

Baca juga: PKPM periode genap, ratusan mahasiswa IIB Darmajaya dilepas ke Metro dan Pesawaran

Baca juga: Fakultas DHP Darmajaya gelar pameran tampilkan karya kreatif mahasiswa

Baca juga: IIB Darmajaya -- Kantor Bahasa Provinsi Lampung jalin kerja sama