PKPM periode genap, ratusan mahasiswa IIB Darmajaya dilepas ke Metro dan Pesawaran

id lampung, darmajaya, kampus

PKPM periode genap, ratusan mahasiswa IIB Darmajaya dilepas ke Metro dan Pesawaran

PKPM periode genap, ratusan mahasiswa IIB Darmajaya dilepas ke Kota Metro dan Kabupaten Pesawaran. ANTARA/HO-Darmajaya

Tema PKPM periode genap 2023/2024 adalah “Peningkatan Ekonomi Desa Menuju Masyarakat Unggul dan Tangguh Berbasis Digital”.

Bandarlampung (ANTARA) - Sebanyak 339 mahasiswa akan menjalani praktik kerja pengabdian masyarakat (PKPM) di Kota Metro dan Kabupaten Pesawaran, Lampung, setelah dilakukan pelepasan ratusan mahasiswa ini di Lapangan Basket Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya, di Bandarlampung, Selasa (30/7).

Berdasarkan rilis yang diterima, mahasiswa PKPM itu, untuk Kota Metro sebanyak 150 mahasiswa yang terbagi pada lima kecamatan, yakni Metro Pusat, Metro Barat, Metro Timur, Metro Selatan, dan Metro Utara. Mereka akan terbagi dalam 22 kelompok dengan 22 dosen pembimbing lapangan pada 22 kelurahan.

Kemudian untuk Kabupaten Pesawaran sebanyak 189 mahasiswa yang terbagi pada 4 kecamatan, yakni Gedongtataan, Negerikaton, Way Lima, dan Kedondong. Mereka akan terbagi dalam 27 kelompok dengan 27 dosen pembimbing lapangan pada 16 desa.

Adapun untuk tema PKPM periode genap 2023/2024 adalah “Peningkatan Ekonomi Desa Menuju Masyarakat Unggul dan Tangguh Berbasis Digital”.
 
Tahun ini, mahasiswa juga membantu untuk mewujudkan Desa Cantik (Desa Cinta Statistik) di Kabupaten Pesawaran, dan Kelurahan Cantik (Kelurahan Cinta Statistik) di Kota Metro bagian dari implementasi kerja sama IIB Darmajaya dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung.

Ratusan mahasiswa tersebut akan menjalani PKPM selama sebulan dengan menjalani program yang telah direncanakannya. Kegiatan PKPM merupakan Tri Darma Perguruan Tinggi mahasiswa dan dosen IIB Darmajaya dalam membangun daerah.

Pelepasan dilakukan Rektor IIB Darmajaya yang diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Sutedi, S.Kom., M.T.I. dan pengarahan disampaikan Wakil Rektor Bidang Nonakademik Muprihan Thaib, S.Sos., M.M. Hadir juga para dosen pembimbing lapangan dari Kabupaten Pesawaran dan Kota Metro.
Baca juga: Pengabdian ke sekolah, dosen prodi Sistem Informasi Darmajaya ajari guru belajar canva
Baca juga: Fakultas DHP Darmajaya gelar pameran tampilkan karya kreatif mahasiswa