ASDP sebut arus balik di Bakauheni lancar

id Lampung Selatan ,ASDP ,Pemudik arus balik

ASDP sebut arus balik di Bakauheni lancar

Suasana aktivitas pemudik di Pelabuhan Bakauheni lancar pada arus balik lebaran 2024. (ANTARA/Riadi Gunawan)

Lampung Selatan (ANTARA) - PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) menyatakan arus balik selama Angkutan Lebaran 2024 di Pelabuhan Bakaunei aman dan lancar.

General Manajer PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Rudi Sunarko di Bakauheni, Rabu, mengatakan meski puncak arus balik di Pelabuhan Bakauheni padat dari kendaraan pemudik, namun situasi selama angkutan Lebaran lancar tanpa kendala.

"Arus balik Angkutan Lebaran 2024 di Pelabuhan Bakauheni hingga saat ini dalam keadaan aman lancar," kata Rudi Sunarko.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan semua pihak terkait dan memastikan kapasitas layanan tetap bisa menampung volume kendaraan pemudik arus balik hingga Angkutan Lebaran 2024 selesai.

"Dan kami sampaikan puncak arus balik terjadi pada H+3 atau hari Minggu tanggal 14 April 2024, dan Alhamdulillah walaupun padat tetapi masih mengalir dan bisa ditangani dengan baik, serta semua dermaga beroperasi semua. Begitu juga dengan kapal, semuanya berjalan lancar," kata dia.

Rudi menjelaskan tidak hanya teknis di lapangan, kondisi alam seperti cuaca juga cukup bersahabat untuk kapal berlayar sehingga tidak adanya kendala untuk kapal beroperasi menyeberangi Selat Sunda.

"Sehingga semuanya berjalan dengan baik dan itu juga tidak terlepas dari hasil perencanaan dan kordinasi dari TNI-Polri pihak terkait dan semua petugas di lapangan," ujarnya.

Ia mengimbau kepada para pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket Ferizy dari jauh hari.

"Kami mengimbau untuk calon pemudik dari Sumatera ke Jawa yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari," ujar dia.

Untuk diketahui PT ASDP Cabang Bakauheni telah memastikan kesiapan armada kapal untuk melayani mobilisasi penumpang pada periode Angkutan Lebaran 2024.

ASDP juga menyiapkan berbagai fasilitas pelabuhan dan kapal guna memastikan kenyamanan penumpang pada mudik Lebaran tahun ini.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah memberlakukan ketentuan baru pembelian tiket online kapal feri sejak 11 Desember 2023.