Kementerian PUPR beri penguatan pengolahan sampah di Bandarlampung

id Lampung,Bandarlampung,Pemkot Baadarlampung

Kementerian PUPR beri penguatan pengolahan sampah di Bandarlampung

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bakung, Kota Bandarlampung. (ANTARA/Dian Hadiyatna).

Secepatnya kami akan melakukan sosialisasi terkait bantuan dari Kementerian PUPR agar bisa beroperasi dan dimanfaatkan oleh warga, kata dia
Bandarlampung (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan bantuan penguatan Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) kepada empat kecamatan di Kota Bandarlampung.

"Terdapat empat kecamatan di Bandarlampung yang menerima bantuan TPS3R ini," kata Kabid Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bandarlampung Marhendra Jalyas, di Bandarlampung, Selasa.

Dia menyebutkan daerah yang mendapatkan bantuan TPS3R yaitu Kecamatan Bumiwaras, Sukabumi, Telukbetung Timur, dan Telukbetung Barat.

"Bantuan yang kami terima berupa mesin pencacah, mesin pengayak, air rator, timbangan, mesin jahit karung, lalu motor tossa, troli, skop dan alat-alat lainnya, termasuk bangunan," kata dia.

Menurut Mahendra, guna mengoperasikan bantuan dari kementerian tersebut, saat ini DLH Bandarlampung sedang membahas anggaran untuk sosialisasi teknis agar TPS3R ini segera beroperasi.

"Secepatnya kami akan melakukan sosialisasi terkait bantuan dari Kementerian PUPR agar bisa beroperasi dan dimanfaatkan oleh warga," kata dia.

Menurut dia, hasil akhir yang diinginkan dari bantuan TPS3R adalah sampah-sampah dari masyarakat dapat diolah kembali menjadi pupuk yang bisa dimanfaatkan kembali.

"Jadi nanti hasil akhirnya dari pengolahan TPS3R ini adalah kompos," kata dia.