Piala Afrika: Senegal tekuk Gambia 3-0, pemain 20 tahun cetak dwigol

id Senegal 3-0 Gambia,Lamine Camara,Piala Afrika 2024,senegal

Piala Afrika: Senegal tekuk Gambia 3-0, pemain 20 tahun cetak dwigol

Senegal's midfielder #25 Lamine Camara (C) celebrates with teammates after scoring his team's third goal during the Africa Cup of Nations (CAN) 2024 group C football match between Senegal and Gambia at Stade Charles Konan Banny in Yamoussoukro on January 15, 2024. (Photo by Issouf SANOGO / AFP) (AFP/ISSOUF SANOGO)

Kemenangan ini sementara membawa Sadio Mane dan kawan-kawan menempati posisi teratas Grup C dengan 3 poin

Jakarta (ANTARA) - Pesepak bola 20 tahun Lamine Camara menjadi aktor kemenangan timnas Senegal setelah dua golnya (52’, 86’) dan satu gol Pape Gueye (4’) mengantarkan sang juara bertahan menang 3-0 atas Gambia di laga perdana Grup C Piala Afrika 2024 Pantai Gading di Stadion Charles Konan Banny de Yamoussoukro, Senin.

Saat laga dimulai, Senegal langsung melancarkan serangannya. Alhasil, tim asuhan Aliou Cisse itu unggul cepat saat tendangan Pape Gueye dari kotak penalti pada menit ke-4 merobek jala gawang Gambia setelah memanfaatkan umpan datar Sadio Mane. Senegal unggul 1-0 dari Gambia.

Tiga menit setelahnya, Senegal hampir menambah keunggulan. Namun, sepakan Habib Diallo masih menyamping dari gawang Gambia. Setelah peluang itu, kedua tim lalu bermain hati-hati dan Gambia semakin kesulitan mengejar ketertinggalan ketika pemainnya Ebou Adams mendapatkan kartu merah pada menit-menit akhir tambahan waktu babak pertama.

Memasuki babak kedua, Gambia yang bermain dengan 10 pemain memperoleh peluang melalui tendangan jarak jauh Musa Barrow pada menit ke-48. Namun, tendangan Barrow masih dapat dihalau dengan baik oleh Edouard Mendy.

Tiga menit setelahnya, Senegal menggandakan keunggulan ketika tusukan Lamine Camara yang diakhiri tendangan keras mendatar menjebol gawang Baboucarr Gaye untuk kedua kalinya. Senegal memimpin 2-0.

Gol tambahan yang dicari Senegal akhirnya tercipta pada menit ke-86 ketika Camara kembali mencatatkan namanya ke papan skor. Pemain klub Prancis FC Metz itu kali in mencetak gol melalui tendangan kaki kanan yang indah ke pojok kanan atas gawang Gambia setelah memanfaatkan umpan Iliman Ndiaye.

Tak ada gol tambahan yang tercipta dan sang juara bertahan mengakhiri laga pertama dengan kemenangan meyakinkan 3-0 atas Gambia.

Kemenangan ini sementara membawa Sadio Mane dan kawan-kawan menempati posisi teratas Grup C dengan 3 poin. Sementara Gambia, kekalahan ini membuat mereka tenggelam di dasar klasemen dengan tanpa poin dan minus tiga gol.