TNI AL dan Pemkot Bandarlampung gotong royong bersihkan Kali Kunyit

id Lampung,Bandarlampung,Pemkot Bandarlampung,Lanal Lampung.,TNI AL,bersih kali

TNI AL dan Pemkot Bandarlampung gotong royong bersihkan Kali Kunyit

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Lampung Kolonel Laut (P) Mohammad Nizarudin (tengah) bersama Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana (merah kiri) dan bersama forkopimda sedang membersihkan Kali Kunyit, di Kecamatan Bumi Waras dalam rangka Hari Jadi ke-78 TNI AL, di Bandarlampung, Selasa (5/9/2023). ANTARA/HO

Program ini dilaksanakan juga guna menyadarkan masyarakat tentang pentingnya kali atau sungai tetap bersih.
Bandarlampung (ANTARA) - TNI AL dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung bergotong royong membersihkan Kali Kunyit di Kecamatan Bumi Waras dari sampah, dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-78 TNI AL.

"Dalam rangka memperingati hari jadi ke-78 TNI AL, kami mengadakan program bersih-bersih kali atau sungai di Kali Kunyit," kata Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Lampung Kolonel Laut (P) Mohammad Nizarudin, di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan bahwa program bersih kali bermanfaat bagi masyarakat terutama mereka yang berada di wilayah pesisir laut ataupun daerah yang berdekatan dengan sungai.

"Program ini dilaksanakan juga guna menyadarkan masyarakat tentang pentingnya kali atau sungai tetap bersih," kata dia.

Dia pun berharap dengan kali yang bersih dari sampah tentunya masyarakat juga akan menjadi lebih sehat dan sejahtera guna menuju Lampung berjaya.

"Pada hari jadi TNI AL ini program yang dilaksanakan tidak hanya bersih-bersih kali, tapi ada juga bakti sosial, ziarah makam, dan juga parade militer di Koarmada II secara terpusat," kata dia lagi.

Ia menjelaskan bahwa dipilihnya Kali Kunyit sebagai pusat kegiatan, sebab memiliki karakteristik yang sangat berhubungan langsung dengan masyarakat.

"Kami memikirkan atau melihat di lokasi ini ada hunian masyarakat di atas laut, sehingga apabila dilaksanakan di Kali Kunyit efeknya akan sangat terasa dan nyata," kata dia pula.

Kemudian, ujar dia lagi, dengan kegiatan ini dapat menyadarkan masyarakat setempat agar mereka tidak membuang sampah di kali atau sungai.

"Dengan kami lakukan kegiatan ini, mungkin masyarakat akan malu membuang sampah di sungai atau kali. Apabila masyarakat sadar tidak buang sampah masyarakat akan sehat tumbuh berkembang dan sejahtera," ujarnya lagi.

Ia pun mengharapkan agar program bersih-bersih kali dapat terus berlanjut dan bersinergi dengan pemerintah daerah (pemda) setempat maupun pihak-pihak terkait.

"Jadi hasil akhirnya nanti, kali menjadi menjadi bersih dan akan bisa dimanfaatkan jadi klaster pariwisata yang mampu meningkatkan pendapatan masyarakat," katanya pula.

Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana mengatakan bahwa program Lanal Lampung ini sudah sejalan dengan kegiatan Gerebek Sungai pemkot setempat yang telah berjalan selama ini.

"Memang pemkot juga ada rencana mempercantik sungai-sungai yang ada di Bandarlampung, mungkin tahun ini atau di awal tahun, harapan kami tidak kalah dengan daerah lain, sehingga kami pun mengajak semua unsur terkait untuk berkolaborasi guna memperindah kota ini," kata Eva Dwiana pula.
Baca juga: Petugas kebersihan temukan Ikan koi seberat tiga kilogram saat bersih-bersih sampah sisa banjir