34 provinsi menampilkan adat budaya pada ajang Jumbara

id Jumbara ,parade budaya ,Lampung Selata

34 provinsi menampilkan adat budaya pada ajang Jumbara

Suasanan saat sejumlah kontingen PMI melakukan pawai budaya di Kalianda Lampung selatan. (ANTARA/Riadi Gunawan)

Lampung Selatan (ANTARA) - Sebanyak 34 kontingen Palang Merah Indonesia (PMI) dari berbagai provinsi se-Indonesia menampilkan parade budaya dan pawai keanekaragaman adat dalam ajang Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Tingkat Nasional IX yang berlangsung di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung.

Berdasarkan pantauan Antara di lokasi terlihat, para peserta Jumbara menampilkan keragaman adat dan budaya, serta berkeliling mengelilingi kota Kalianda, untuk memperkenalkan khas provinsi mereka.

Tidak hanya peserta dari Indonesia saja, namun nampak terlihat juga peserta dari negara sahabat yang mengikuti pawai budaya.

"Saya ucapkan selamat mengikuti parade budaya untuk peserta Jumbara dan selamat datang ini lah kota Kalianda Kabupaten Lampung Selatan, tempat adik-adik mengikuti Jumbara nasional," kata Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto, di Kalianda, Senin.

Ia mengatakan, ajang parade budaya pada Jumbara ini bertujuan untuk saling memperkenalkan adat budaya dari masing-masing kontingen peserta PMI.

"Parade ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antarpeserta dan ofisial kontingen PMI dari seluruh Indonesia, dan sekaligus untuk mengenalkan budaya masing-masing provinsi," kata dia.

Ajang Jumbara tersebut kata dia, menjadi momentum bagi peserta Jumbara untuk saling kenal antar provinsi dari masing-masing peserta yang diutus oleh kontingen.

"Tentunya gelaran parade Jumbara ini menjadi momentum bagi adik-adik peserta Jumbara, dimana kalian diutus oleh provinsi masing-masing untuk mengikuti Jumbara," katanya.

Ia pula menambahkan, parade budaya tersebut menjadi suatu kebanggaan bagi masyarakat Lampung Selatan, karena bisa melihat langsung adat budaya dari berbagai provinsi.

"Parade budaya ini juga menjadi, suatu kebanggaan bagi masyarakat Lampung Selatan, dimana mereka bisa melihat langsung budaya dan adat dari berbagai provinsi se-Indonesia," ujar nya.