Pemprov Lampung klaim valid data pemenang tender perbaikan jalan

id Pemprov Lampung, tander jalan,perusahaan fiktif, perbaikan jalan fiktif

Pemprov Lampung klaim valid data pemenang tender perbaikan jalan

Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Provinsi Lampung Slamet Riyadi. ANTARA/HO.

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Lampung menyebut data perusahaan konstruksi yang memenangkan tender perbaikan jalan di provinsi itu adalah valid.

"Masalah alamat palsu perusahaan pemenang tender perbaikan jalan yang mencuat ke publik, sebenarnya hanya pindah alamat saja," ujar Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Provinsi Lampung Slamet Riyadi, di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengklaim semua syarat administrasi telah dipenuhi perusahaan, seperti halnya perusahaan  Adi Perkasa
 
"Saat mereka mengurus proyek ini, ada pakta integritas dan salah satu poin yang disetujui adalah semua keterangan yang diberikan asli. Apabila ada yang palsu maka pihak penyedia bersedia menerima sanksi sesuai ketentuan. Jadi sebenarnya ini hanya pindah alamat saja untuk penyedia jasa ini," katanya.

Dia melanjutkan perusahaan pemenang tender perbaikan jalan tersebut diketahui pindah alamat pada 16 Maret 2022 ke Perumahan Wisma Mas, Kemiling Bandarlampung.

"Kenapa ini bisa terjadi karena profil perusahaan Adi Perkasa yang ada di LPSE masih pakai alamat lama, mereka pindah Maret. Kalau ingin memastikan silahkan temui pihak penyedia tersebut," ucapnya.

Menurut dia, pemeriksaan dan pengawasan lebih lanjut mengenai keaslian alamat perusahaan pemegang tender dapat dilakukan bila ada keraguan.

"Namun kalau ini sudah ada pemindahan alamat sudah ada akta notaris, ada surat dari pamong setempat, Nomor Induk Berusaha (NIB) juga ada. Mungkin karena kelalaian CV saja yang tidak update profil jadi pakai alamat lama," tambahnya.

Ia melanjutkan untuk perusahaan pemegang tender lainnya tidak ada masalah selama proses tender dilakukan sesuai ketentuan.
 
Sebelumnya  publik kembali menyoroti kinerja Pemerintah Provinsi Lampung yang terbaru adanya beberapa perusahaan pemenang tender proyek perbaikan jalan di Lampung yang memiliki ketidaksesuaian alamat.

Beberapa alamat perusahaan pemegang tender tersebut diketahui merupakan alamat rumah warga atau rumah kosong.

Perusahaan pemenang tender tersebut yang menjadi perhatian publik meliputi CV Gunung Emas Rajabasa yang memegang proyek perbaikan jalan Ruas Tajab-Adijaya Kabupaten Waykanan 

Lalu CV Bayu Brothers perusahaan jasa konstruksi pemenang tender perbaikan jalan Ruas Wates-Metro, dan PT Suci Karya Badinusa yang menangani ruas jalan Kota Gajah-Simpang Randu, dan CV Bagas Adi Perkasa yang memenangi tender rekonstruksi ruas jalan Metro-Kota Gajah.